Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang (Sariater)

Pemandian air panas memang dapat menjadi alternative untuk mengisi liburan akhir pekan menyenangkan. Indonesia memiliki sejumlah tempat wisata tersebut sebut saja salah satunya pemandian air panas ciater tempat asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berendam di air panas bisa membuat badan lelah menjadi lebih segar dan rileks, harga tiket masuknya pun terbilang cukup terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

PEMANDIAN AIR PANAS CIATER SUBANG

Pemandian air panas ciater berada di perbatasan kota Bandung dan sudang sekaligus bersebelahan dengan kota Lembang atau lebih tepatnya terletak Kecamatan Ciater, kabupaten Subang – Jawa Barat.

Cukup mudah untuk dapat sampai ke tempat wisata tersebut, karena dapat ditempuh dengan berbagai rute bagi anda yang berada diluar pulau jawa seperti menggunakan maskapai penerbangan, kereta ataupun kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang berangkat dari Jakarta dapat ditempuh dengan 2 rute yaitu jalur puncak sekitar 212 km, sedangkan dengan tol cikampaek – Bekasi sekitar 185 km.

Ciater atau oleh masyarakat setempat yang berarti ‘air yang memancar’. Pemandia air panas mulai dilirik atau dikembangkan pemerintak subang pada tahun 1968 sebagai salah satu tujuan wisata menarik untuk di kunjungi.

Ciater merupakan pemandian air panas yang berasal dari gunung tangkuban perahu yang masih aktif. Air ditempat ini mengandung beberapa senyawa aktif seperti magnesium, kalsium, chloride, sulfat, thermo, mineral dan senyawa aktif lainya yang dipercaya mampu mengobati atau menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Suhu sumber mata air disini dapat mencapai 43 sampai 46 °C, sedangkan suhu air yang sudah dialirkan ke kolam pemandian rata rata mencapai 37 sampai 42 °C.

Terdapat banyak pemandian air panas yang dapat nikmati dalam bentuk kolam sederhana sampai kolam khusus. Tempat wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung baik lokal maupun mancan Negara. Maka tak hera jika tempat memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari ciater Spa Resort, gracia Spa Resort hotel, restoran sampai bungalow bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam hari disini.

Bagi anda yang ingin berendam secara leluasa, terdapat pula kolam khusus tertutup yang dapat dinikmati oleh satu orang saja. Selain memiliki beberapa fasilitas dan ukuran kolam yang beragam terdapat pula arena permainan anak-anak, lokasi camping, outboand, fasilitas olahraa sampai kolam pemancingan yang dapat nikmati dengan harga beragam. Namun bagi wisatawan yang suka dengan tantangan air yang lebih menantang dapat mencoba arung jeram. Ditempat ini tersedia juga fasilitas olahraga seperti berkuda, voli, mini golf, basket sampai tenis.

Setelah seharian berkeliling kawasan wisata menikmati panorama alam serta berendam diair panas, saatnya untuk memanjakan lidah dan perut dengan hidangan kuliner yang tersedia salah satunya kuliner dengan bahan dasar daging kelinci. Anda dapat mencoba kuliner sate dan sop daging kelinci ini merupakan salah satu kuliner khas ciater yang patut dicoba. Sebagai oleh-oleh jangan lupa untuk membeli buah khas subang yaitu Nanas si madu.

Harga tiket masuk kawasan wisata ciater sekitar Rp. 15.000, Rp. 20.000 sampai Rp 80.000 untuk berendam dikolam pemandian tertentu.
Demikianlah artikel sederhana mengenai pemandian air panas ciater tempat asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Semoga datap bermaanfaat dan menjadi inspirasi libur akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *