Pariwisata Indonesia Sebagai Tujuan Wisata Internasional

Pariwisata Indonesia bisa menjadi potensi tersendiri bagi Indonesia dalam meraup penghasilan baik dari wisatawan domestik maupun luar negeri.

Wisata Indonesia - Danau Bedugul, Bali

Pura di Danau Bedugul, Bali – Sebagai salah satu tempat tujuan favorit wisatawan mancanegara

Pariwisata Indonesia dapat dibilang lebih beragam dibanding Malaysia, Singapura ataupun Thailand. Namun sayangnya, peluang dibidang tersebut belum bisa diambil keuntungannya secara optimal, mengingat Indonesia juga belum memiliki dukungan regulasi yang kondusif, proteksi terhadap lingkungan, dan dukungan infrastruktur pun masih terbatas.

Padahal pembangunan sektor pariwisata amatlah penting, karena dari bidang ini sesungguhnya berpotensi besar sekali dalam membantu mengentaskan para pengangguran, meningkatkan pendapatan, serta dapat mendorong pemerintah daerah dalam membangun dan memelihara infrastruktur sehingga kualitas hidup masyarakat setempat juga naik. Terlebih saat ini adanya pergeseran negara tujuan wisata internasional dari negara maju ke negara-negara di Asia. Hal yang sebenarnya dapat menjadi peluang besar bagi perkembangan pariwisata Indonesia.

Menilik, sektor pariwisata bangsa ini pada waktu yang lalu mengalami kelesuan. Apalagi setelah maraknya aksi terorisme, konflik antar etnis, bencana alam dan sebagainya. Untuk ke depannya sudah saatnyalah sektor ini harus dihidupkan dan dikembangkan lagi agar Indonesia dapat menjadi negara tujuan wisata internasional yang lebih mapan, tertata, dan memiliki nilai jual.

Jika mendengar kata tujuan wisata internasional dan nilai jual untuk pariwisata Indonesia. Sudah pasti jawabannya Indonesia telah mempunyai modal untuk menjadi negara seperti itu. Dengan dukungan berbagai kelebihan dan potensi wisata yang dimilikinya. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Dengan menjadi negara terkaya juga untuk kepemilikan Terumbu Karang (Coral Reef) dunia, yaitu sebanyak 18% dari total keseluruhan terumbu karang yang ada di bumi.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki candi Budha terbesar di dunia yaitu Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter dan panjang relief lebih dari 1 Km. Candi Borobudur pun juga pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia.

Untuk kekayaan alamnya tak usah ditanyakan lagi, sebagai negara yang dilalui garis khatulistiwa, Indonesia memiliki tanah yang subur dengan iklim tropis. Dari hal itulah, Indonesia secara alamiah memiliki potensi-potensi wisata alam yang menakjubkan. Seperti mempunyai Biodiversity Anggrek terbeser di dunia yaitu enam ribu jenis anggrek. Binatang purba yang masih hidup, yakni Komodo pun ada di Indonesia. Kadal terbesar di dunia yang kemarin baru saja terpilih sebagai salah satu tujuh keajaiban alam di dunia serta masih banyak lagi potensi alam Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi, misalnya Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi), primata terkecil yaitu Tarsier Pygmy dan ikan terkecil yang diketemukan di Sumatra juga berada di negara ini.

Selain berbagai keistimewaan tersebut, Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang mendunia atau sangat mirip dengan wisata terkenal di dunia yaitu Air Terjun Moramo di Sulawesi tenggara yang memiliki kemiripan dengan Air terjun Niagara Amerika Serikat, Green Canyon Ciamis Jawa Barat dengan Green Canyon Amerika Serikat, Taman Nasional Baluran Jawa Timur dengan Padang Savana Afrika, Taman Nasional Wasur Papua dengan Alam Australia, lalu ada Hutan Kalimantan yang sama masih asrinya seperti Hutan Amazon Brasil.

Lebih lanjut, Pantai Kuta Bali yang mirip dengan Pulau Waikiki Hawai juga termasuk salah satu daya tarik tersendiri bagi kepariwisataan Indonesia. Kemudian ada Way Kambas Sumatra yang juga mempunyai kesamaan dengan Hutan India yang di dalamnya banyak hidup para Gajah. Selanjutnya Indonesia juga mempunyai keajaiban alam yang menakjubkan, seperti Danau Toba dan Danau Tiga Warna Kelimutu di Nusa Tenggara Timur serta masih banyak lagi lokawisata berpotensi lainnya yang sangat memungkinkan untuk menjadi ikon kepariwisataan Indonesia.

Disisi lain, potensi berbagai kebudayaan di Indonesia sendiri pun banyak sekali yang dapat dieksplor guna memenuhi dahaga para wisatawan. Seperti tari-tarian, upacara-upacara semisal ngaben, sedekah laut, meminta hujan ataupun kebudayaan yang sifatnya kesenian. Dalam hal ini dapat dicontohkan seperti kuda lumping, sintren, wayang, debus, reog ponorogo dan banyak lainnya. Berbagai nyanyian daerah serta permainan tradisional yang ada di Indonesia pun sebenarnya juga patut diperhitungkan untuk meramaikan sektor kepariwisataan negeri ini. Mengingat Indonesia sendiri merupakan negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. Dengan memiliki lebih dari 740 suku bangsa, yang di dalamnya terdapat 583 bahasa daerah dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku.

Itulah sekelumit potensi-potensi wisata yang ada di Indonesia. Yang kiranya patut dikembangkan untuk dunia kepariwisataan bangsa ini ke depan. Mengingat berdasarkan hasil survei terbatas para pebisnis dan profesional di ajang pariwisata terbesar di Jerman, Berlin, Indonesia berada pada peringkat ketiga terfavorit kategori Kunjungan Pariwisata Se-Asia atau Go Asia Award 2012. Dengan hanya kalah dari Thailand dan Singapura. Ya, semoga saja baik masyarakat maupun pemerintah segera sadar serta mau mengoptimalkan segala potensi pariwisata Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *