Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Yogyakarta merupakan sebuah kota yang terkenal dengan keberagaman budaya, di samping itu pula kota jogja juga ternyata terkenal memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yang salah satu diantaranya yaitu kawasan wisata Pantai Siung yang sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Yogyakarta.

Pantai Siung merupakan sebuah pantai yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat luar biasa, maka tak heran jika pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan setiap akhir pekan dan juga hari libur nasional.

Pantai Siung

Bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Pantai Siung ini, anda wajib membawa kendaraan pribadi atau menyewa di jasa rental kendaraan di kota anda. Hal ini dikarenakan, untuk menuju ke lokasi wisata ini anda tidak akan menjumpai kendaraan umum yang dapat anda gunakan. Sebelum berangkat, sebaiknya anda mempersiapkan kondisi kendaraan anda, karena untuk dapat menuju ke lokasi wisata ini anda akan melewati medan jalan yang cukup berat seperti tikungan tajam dan juga tanjakan. Untuk itu, kendaraan yang akan anda gunakan harus benar-benar prima.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, anda dapat mengambil jalur menuju ke Wonosari, kemudian dilanjutkan menuju kea rah Tepus, lalu memasuki Perwodadi dan kemudian anda akan sampai di lokasi tujuan yaitu Pantai Siung. Lama perjalanan dari kota Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 2 jam dalam kondisi lalu lintas lancar.

Pada saat anda tiba di lokasi wisata Pantai Siung, anda akan diminta untuk membayar tiket masuk sekitar 3.000 rupiah dan juga biaya untuk parkir kendaraan anda sekitar 2.000 rupiah. Harga yang sangat murah untuk dapat menikmati keindahan pantai yang sangat indah dan mempesona, tetapi harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola kawasan wisata setempat. Sedangkan untuk fasilitasnya sendiri masih sangat standar seperti tempat parkir, warung-warung makanan dan juga toilet umum. Namun bagi anda yang berencana ingin menginap di kawasan pantai untuk menikmati keindahannya di malam hari, sebaiknya anda membawa perlengkapan untuk berkemah karena di lokasi sekitar pantai tidak ada penginapan ataupun hotel yang dapat anda sewa.

Lalu, hal apa saja yang menarik di Pantai Siung?
Hal menarik yang ada di kawasan wisata Pantai Siung ini adalah kawasan bebatuan karang yang ukurannya sangat besar yang letaknya berada di bagian timur dan juga bagian barat. batuan karang yang ada di pantai ini ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam awal mula penamaan pantai ini.

Posisi dari keberadaan batuan karang ini sedikit agak menjorok ke arah laut, sehingga jika dilihat dari jauh bentuknya sangat mirip dengan bentuk gigi seekor kera atau lebih dikenal dengan Siung Wanara. Dari situlah awal penamaan pantai siung menurut informasi dari sesepuh yang tinggal di sekitar pantai.

Sekitar pada tahun 1989 pantai ini di datangi oleh komunitas pecinta alam yang berasal dari Jepang, mereka merupakan orang yang pertama kali memanfaatkan batuan karang tersebut untuk dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan olahraga panjat tebing. Pada saat itulah pemerintah setempat melakukan pengembangan pada kawasan ini untuk di kembangkan dan menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kemudian pada tahun 2005 lalu, pemerintah Yogyakarta meresmikan kawasan wisata Pantai Siung menjadi sebuah lokasi khusus untuk para pecinta olahraga panjat tebing dan hingga saat ini sudah terdapat sekitar 250 jalur untuk melakukan pemanjatan dengan tingkatan yang berbeda-beda. Maka tak heran jika lokasi wisata ini di juluki dengan sebutan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di kawasan wisata ini yaitu melakukan pendakian dan juga berkemah, sehingga banyak para komunitas pecinta alam yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan laut bebas diatas ketinggian.

Sedangkan untuk anda yang akan melakukan pendakian bersama dengan teman-teman dan sekaligus memutuskan untuk menginap di pantai ini, anda dapat mendirikan tenda di lokasi camping ground yang sudah disiapkan yang lokasinya terletak di sebelah timur pantai. Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan memiliki kesan tersendiri pada saat menikmati keindahan pantai di malam hari dengan menyalakan api ungun sambil menikmati ikan bakar atau jagung bakar. Walaupun anda bebas melakukan kegiatan berkemah di lokasi ini, tetapi anda tetap harus mematuhi peraturan yang ada yang salah satunya yaitu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Untuk itu, sebaiknya anda mempersiapkan sebuah kantong plastik untuk tempat sampah dan kemudian nantinya dapat anda buang di tempat yang sudah di sediakan pihak pengelola.

Selain terdapat lokasi camping ground, anda juga dapat menjumpai sebuah rumah panggung yang lokasinya dekat dengan lokasi camping ground. Rumah panggung yang ada di lokasi wisata ini sering dijadikan untuk base camp, luas dari rumah ini cukup untuk menampung sekitar 10 sampai 15 orang dan di lokasi ini anda dapat menikmati keindahan batuan karang serta nuansa deburan ombak pantai dengan jarak pandang yang sangat luas.

Nah, apakah anda ingin mencoba untuk menikmati suasana camping di atas batuan karang? Bagi anda yang suka dengan tantangan, anda dapat melakukan trekking menuju ke deretan tebing karst yang berada di sebelah barat Pantai Siung. Setelah anda tiba di atas tebing, anda dapat menjumpai lokasi yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan disini anda dapat menikmati keindahan Pantai Siung seutuhnya. Namun jika anda belum terbiasa melakukan pendakian dan tidak dapat menikmati keindahan pantai diatas tebing, maka anda juga dapat menikmati panorama keindahan pantai dengan menggelar tikar diatas pasir putih yang halus sambil menikmati bekal makanan yang anda bawa bersama teman-teman ataupun berasama keluarga tercinta. Jika anda sedang beruntung, maka anda dapat menjumpai sekumpulan monyet berekor panjang yang turun dari tebing untuk mencari makanan dan anda pun dapat memberikan mereka makanan seperti kacang ataupun buah-buahan. Sangat menarik bukan?

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pantai Siung pesona pantai di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Demikian ulasan mengenai Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.