Pantai Pulau Merah Kuta Kedua Di Pulau Jawa Yang Ada Di Banyuwangi

Ternyata pantai pulau merah kuta kedua di pulau Jawa yang ada di Bayuwangi. Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui kalau ternyata bayuwangi memiliki tempat wisata alam menarik layakanya pantai kuta yang patut di kunjungi, salah satunya ya pantai pulau merah.
Pantai pulau merah ini berada sekitar 60 km dari pusat kota bayuwangi atau lebih tepatnya, berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran – Bayuwangi.

Mengenal sejarah Pantai Pulau Merah

Tahukah anda kenapa pantai ini disebut pantai pulau merah? Karena dipantai ini terdapat sebuah bukit menjulang tinggi berada diujung pantai yang dibawahnya terdapat bebatuan karang, sehingga ketika matahari mulai terbenam akan nampak cahaya dengan warna jingga kemerahan yang berasal daru balik bukit tersebut.

Pantai Pulau Merah Kuta Kedua

Lalu apa yang spesial dari pantai pulau merah?

Pemandangan sunset nan indah dan memikat menjadi salah satu daya tarik wisatawan sekaligus penselancar diduni untuk mengunjungi pantai ini. Selain pemandangan sunset yang begitu indah, omabk yang dimiliki pantai ini disebut sebut sebagai ombak yang di sukai peselencar, Karena ombak dipantai ini merupakan ombak bergulung yang sangat cocok bagi para selancar untuk beraksi dan berkreasi dengan berbagai teknik-teknik.
Daya tarik lain dari pantai ini yaitu lokasi pantai yang terletak didekat desa nelayan, jadi bagi pengunjung yang menyukai berlibur ala backpacking dapat mencoba menginap dirumah-rumah para penduduk sekaligus merasakan hidup sebagai nelayan. Hhhhmmmm menjadi pengalaman seru yang berbeda !!!

Berselancar merupakan kegiatan yang melekat dipantai ini. Untuk wisatawan yang ingin mencoba berselancar bagi pemula, jangan khawatir karena di pantai ini telah menyediakan peralatan berselancar lengkap dengan instruktur yang dapat anda sewa.
Hanya cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 25.00 – Rp. 5000 untuk menyewa papan selancar seharian penuh. Tinggi ombak di pantai pulau merah dapat mencapai 4 sampai 5 meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Selain itu juga pasir dipulau ini merupakan pasir dengan tekstur yang halus, pemandangan pegunungan hijau yang menjadi pemandangan indah dengan udara sejuk yang khas.

Pantai pulau merah pada tahun 2013 dijadikan sebagai lokasi kejuaraan surfing internasiona yang diikuti oleh 20 negara diseluruh dunia. Kegiatan lain yang tak kalah serunya yaitu memancing, anda dapat menyewa perahu tradisional digunakan untuk memancing dilaut lapas.
Bagi wisatan yang menyukai olahraga dapat mencoba olahraga voli dengan suasana angin pantai yang khas. Nah, setelah seharian beraktifitas dan berkeliling pantai saatnya untuk memanjakan perut anda yang lapar dengan suguhan kuliner khas pantai pulau merah. Es kelapa muda merupakan minuman wajib yang menjadi salah satu ciri dari tempat wisata pantai.

Akses atau jalan menuju pantai pulau merah terlebih dahulu harus menuju kota Bayuwangi. Untuk anda yang berada di luar pulau jawa timur dapat menggunakan makapai penerbangan ataupun menggunakan kereta api tujuan surabaya atau malang. Jika menggunakan akses darat dari surabaya atau malang menuju bayuwangi dapat memakan waktu sekitar 8 jam, namun jika menggunakan akses udara memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Sesampainya di kota bayuwangi anda harus menyewa kendaraan atau menggunakan mobil pribadi, karena disini tidak ada transporasti umum menuju kawasan wisata pantai pulau merah.
Demikianlah artikel sederhana mengenai pantau pulau merah kuta kedua di pulua jawa yang ada dibayuwangi, semoga dapat menjadi inspirasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.