Pantai Papuma Pantai Terindah Di Pulau Jawa

Pernah mendengar pantai papuma? Pantai papuma merupakan pantai terindah di pulau jawa tepatnya berada di Desa Lojejer kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember atau sekitar 45 Km dari pusat kota jember.

Jember memang tak sepopuler malang dan Surabaya yang termasuk kota di Jawa Timur. Namun siapa sangka ternyata Jember memiliki beberapa kawasan wisata berupa pantai indah dan menarik sebut saja salah satunya pantai papuma. Pantai yang akhir akhir ini dapat menyedot daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya terlebih saat akhir pekan atau hari libur. Pantai papuma atau disebut juga sebagai pantai Putih Malika menjadi tempat wisata yang patut di kunjungi saat berada menjajakan kaki dikota Jember.

Pantai Papuma

Melihat keindahan pantai papuma yang tak pernah ada habisnya, sebelum memasuki kawasan wisata ini anda terlebih dahulu akan disuguhi pemadangan sebuah kawasan hutan jati yang menjadi jalan atau pintu masuk menuju kawasan wisata ini. Hutan jati atau disebut juga dengan nama hutan Maliki yang didalamnya masih tersimpan kekayaan flora serta fauna asli Indonesia. tak perlu merasa takut saat memasuki hutan ini, karena pemerintah setempat sudah menyiapkan jalan khusus menuju area wisata pantai papuma.

Keindahan lain yang menjadi daya tarik dari pantai papuma tak lain dan tak bukan adalah batuan. Oleh masyarakat setempat pantai ini dikenal juga sebagai pantai tanjung Papuma, hal ini di karenakan posisi daratannya terletak menjorok ke laut mirip sebuah tanjung. Memiliki hamparan pasir putih yang tersebar luas serta batu karang tersebar di beberapa titik. Keunikan dari ciri khas dari batu pantai ini yaitu terdapatnya tujuh karang besar yang menjulang dipantai. Karena ukuran batu-batu tersebut besar sehingga menyerupai sebuah pulau. Dari ketujuh karang itu masing masing memiliki nama diantaranya pulai batu Batara guru, pulau batu Nusa Barong, pulau batu Kresna, pulau batu Kajang, pulau batu Narada dan pulau kodok (karena bentuk pulau ini menyerupai kodok).

Sensasi tersendiri dapat berbeda anda rasakan ketika ombak sedang surut berdiri diatas batu karang sambil menikmati terpaan angin yang berhembus menjadi pengalamaan baru tak terlupakan. Jangan sampai terlena saat berada dibatu karang, karena meskipun indah batu karang memiliki tekstur kasar serta terjal sehingga tidak menutup kemungkinan dapat terluka jika tidak berhati hati. Tak hanya itu saja saat air surut anda dapat melihat secara langsung kelincahan ikan-ikan berenang dibawah batu karang tersebut yang nampak dari atas.
Tak berhenti sampai sini bagi pecinta fotografer papuma merupakan salah satu lokasi yang pas untuk anda datangi. Karena anda dapat mengabadikan foto landscape batu-bati karang menjulang kokoh. Tak hanya itu saja lokasi inipun terdapat spot spot menari dan kerap kali dijadikan sebagai lokasi foto prawedding.

Memiliki air laut yang terbilang cukup tenang, maka tak jarang panti ini sering di jadikan tempat beristirahat para nelayan melabuhkan perahu. Biasanya para nelayan akan turun sambil membawa ikan hasil tangkapannya yang dapat anda beli dan kemudia dibakar secara langsung bersama teman-teman. Tapi jika tidak ingin repot andapun dapat membawa ikan belian ke warung-warung untuk diolah menjadi masakan.

Sama seperti tempat wisata lainnya pantai papuma juga memiliki mitos atau cerita mistik yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat. Dibalik keindahan ombak disini ternyata menyimpan sisi mistik, gulungan ombak besar dan ganas kerap kali sering mamakan korban para wisatawan yang terhanyut didalam gemburan ombak yang menantang tersebut.

Akses menuju tempat wisata ini memang terbilang cukup jauh, sehingga sangat memungkinkan bagi anda untuk menginap semalam saja. tak perlu khawatir karena pihak pengelola disini telah mempersiapkan beberapa cottage dan penginapan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anda. Harga tersebut berkisar mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 450.000.
Jika ingin menikmati fasilitas kamar yang terbilang cukup lengkap seperti terdapat kamar mandi didalamnya, Televisi maka anda hanya cukup merogok kocek Rp 70.000 sampai Rp 100.000 / orangnya. Namun jik ingin dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, maka biaya yang dikenakan sekitar Rp 120.000 atau lebih. Adapun fasilitas lain yang dapat digunakan secara umum seperti kamar mandi, mushola dan juga beberapa warung-warung makan yang menjual beraneka macam kuliner atau jajanan berbahab dasar seafood.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai papuma, harga tiket masuk ke kawasan ini terbilang terjangkau bagi semua kalangan yaitu sekitar Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 70.000 untuk hari libur. Harga tiket tersbeut telah di tetapkan dan disesuaikan dengan surat keputusan Administratur Perum perhuni KPH jember. Sedangkan tarif parkir kendaraan untuk kendaraan bermotor atau roda dua Rp. 2.000, Rp. 4.000 untuk kendaraan roda empat sedangkan bus atau kendaraan dengan roda lebih dari empat sekitar Rp. 6.000.

Bagi wisatawan yang berada di luar kota atay pulau jawa dan ingin berwisata ke tempat ini maka akses menuju pantai ini dimulai dari kota Surabaya. Bagi wisatawan yang berada diluar pulau Jawa timur, maka anda dapat memanfaatkan jasa maskapai penerbangan ataupun kereta api. Tidak ada salahnya untuk menyewa mobil dari surabaya jika berlibur bersama teman-teman atau saudara, karena jalan menuju kawasan wisata tersebut tidak dilalui kendaraan atau transportasi umum. Pastikan mobil yang disewa juga memiliki kondisi atapun performa prima, karena jalur atau medan menuju pantai ini terbilang cukup terjal dan curam jadi siapkan juga performa anda. Sebaiknya hindari menyewa mobil berjenis sedan.

Rute berawal dari kota Surabaya, kemudian ambil rute ke kota sidoarjo lalu ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke kota pasuruan. Nah, dari kota Pasuruan dapat mengambil rute ke kota Probolingo – Lumajang – Jember. Setelah sampai di kota Jember maka anda harus mengabil rute kearah utara Jalan. Kartini – Jalan subroto – Jalan . jenderal Ahmad Yani – Jalan Nasional III lalu berbebelok ke kiri menuju ke Jalan Otto Iskandar Dinata – Jalan Semeru – Jalan Argopuro – Jalan Kawi – Jalan Ambulu – Jalan Kopral Sietomo – Jalan Raya Suyitman – Jalan Watulo. Dari watulo anda dapat mengikuti petunjuk jalan untuk dapat sampai ke kawasan wisata pantai papuma.

Rasa lelah, cape dan letih akan terbayar lunas setelah melihat keindahan pantai papuma lengkap dengan gundukan batu karang yang kokoh menjulang. Jangan lupa untuk membawa camera kesayangan untuk mendapatkan jepretan terbaik di landscape atau spot spot menarik disini.

Demikianlah informasi sederhana mengenai Pantai Papuma pantai terindah di pulau Jawa. Semoga dapat bermanfaat dan selamat berlibur … !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *