Mengenal Wisata Pulau Tidung

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu

Mengenal Wisata Pulau Tidung yang berada di Kepulauan Seribu Jakarta Utara merupakan destinasi wisata yang sangat tepat untuk di jadikan tujuan berlibur. Karena banyak penawaran Paket Wisata di Pulau Tidung dengan harga murah yang dapat anda jadikan pilihan. Lokasi Pulau Tidung meskipun berupa kepulauan, namun ia sangatlah mudah dijangkau. Berbagai sarana transportasi, seperti angkutan Kapal Ferry yang menuju Pulau Tidung juga sudah banyak tersedia dengan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan tentunya. Hal-hal itulah yang menjadikan Pulau Tidung merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi banyak orang.

Wisata Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung

Bagaimanapun juga, tidak bisa dipungkiri bahwa berekreasi atau berpariwisata adalah suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Meskipun pada awal abad 20-an hal tersebut seakan hanya diperuntukan bagi segelintir orang yang relatif kaya. Namun dewasa ini hal itu sudah tak berlaku lagi, karena semua orang baik dari kalangan atas maupun bawah berhak untuk mengecap nikmatnya melancong sebagai hak asasi yang dimilikinya.

Karenanya, sudah sepatutnya kini kita juga mengenal berbagai lokawisata di Indonesia yang murah namun menawarkan sejuta kepuasan. Salah satu lokawisata itu adalah  wisata Pulau Tidung yang di dalamnya memang terdapat berbagai lokasi wisata. Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah salah satu objek wisata terpopuler di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Di Jembatan Cinta itu juga ada mitos cinta sepasang anak muda yang melegenda sehingga menjadi cerita cinta jembatan Pulau Tidung. Selain itu, banyak para wisatawan yang juga mencoba menguji nyali dengan melompat dari atas Jembatan Cinta Pulau Tidung ataupun hanya menonton para penduduk setempat yang seringkali melompat dari atas Jembatan Cinta ini.

Jembatan Cinta - Pulau Tidung

Jembatan Cinta (photo by Jiwo)

Pulau Tidung yang terhampar membujur panjang dari barat ke timur dibagi menjadi dua bagian yaitu Tidung Besar dan Tidung kecil. Mereka pun mempunyai banyak objek wisata Pulau Tidung yang layak dan patut untuk kita kunjungi, yaitu seperti jembatan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Para pengunjung menamai jembatan ini “Jembatan Cinta” yang sudah dijelaskan di atas. Untuk tambahan saja, jembatan yang panjangnya sekitar 2.5 Km ini memang menawan dan eksotik. Apalagi pada saat sunrise serta sunset muncul. Para wisatawan pun berlomba-lomba menuju jembatan untuk berfoto-foto mengabadikannnya ataupun hanya sekadar menikmati keindahannya saja.

Selanjutnya ada Pantai Tanjung Barat, pantai ini terletak di ujung pulau Tidung besar bagian barat. Meskipun kurang dikenal oleh para pelancong sejatinya pantai ini sangat indah dan mengagumkan ketika matahari terbenam. Karenanya, bagi para wisatawan yang tidak begitu menyukai keramaian, maka pantai inilah yang tepat untuk menikmati keindahan sunset.

Pantai Tanjongan Timur

Pantai Tanjongan Timur – Pulau Tidung

Ada pula Pantai Tanjongan Timur, pantai ini tepat di depan Jembatan penghubung. Pun banyak wisatawan yang menghabiskan waktu dipantai ini, sebab selain pasirnya yang putih, di sana juga banyak stand-stand penjual makanan atau tempat duduk untuk sekadar minum atau pun kongkow-kongkow bersama teman sejawat.

Lalu ada Pelabuhan Betok, ia terletak di sebelah timur selatan Tidung Besar. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan inti tempat kapal-kapal bersandar dan juga sebagai pelabuan tempat hilir mudik para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung. Area ini dapat dijadikan sebagai area untuk memancing tanpa pergi jauh menggunakan kapal tradisional. Karena di pelabuhan ini juga terdapat bangku-bangku panjang yang biasa digunakan wisatawan untuk menghabiskan malam dengan bermain gitar selain memancing di malam harinya, dan masih banyak lagi objek wisata lainnya. Ya itulah sekelumit mengenai wisata Pulau Tidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.