Mengenal Lebih Jauh Pulau Umang

Pulau Umang merupakan salah satu objek wisata yang berupa pulau kecil nan sangat indah dan mewah yang berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau yang satu ini memang belum banyak orang yang mengenalnya, karena bila disandingkan dengan Pantai Tanjung Lesung atau Pantai Sawarna pasti ia pun akan kalah pamor. Namun bukan berarti ia kalah segala-galanya dari mereka. Mengingat, ia juga memiliki pesona dan keindahan yang justru berbeda dari pulau-pulau tersebut.

Jarak pulau ini dari Kota Jakarta sendiri sekitar 183 kilometer dan dapat ditempuh selama 4 sampai 5 jam perjalanan. Pulau ini dinamakan Pulau Umang karena di sini terdapat binatang sejenis keong yang merupakan hewan endemic asli pulau ini yang biasanya disebut umang. Karena itu, pulau ini pun dinamakan seperti itu.

Pulau Umang

Pulau Umang sangatlah cocok untuk digunakan sebagai tempat rekreasi. Melepas segala kepenatan kota atau pun pekerjaan yang menggelaytui. Karena pulau ini pun menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Yaitu dengan hamparan pasir putih pantai, air laut yang biru serta jernih dipadu padankan dengan ombak laut yang relatif kecil sehingga membuat liburan anda bersama keluarga atau pun kekasih menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan.

Untuk fasilitas dan prasarana di pulau ini juga cukup memadai. Sebab di tempat ini pun telah terdapat beberapa toko souvenir khas Pulau Umang, restoran, penginapan berupa cottage dan resort, kafe, taman bermain anak, pusat informasi wisata, tempat persewaan perahu dan jetski, dan wahana-wahana serta fasilitas wisata lainnya. Pun biasanya, bila malam tiba pengunjung dihibur oleh berbagai pertunjukkan musik organ tunggal dengan penyanyi lokal yang cukup merdu suaranya sehingga menambah romantis dan  menyenangkan liburan di pulau ini.

Sementara itu, untuk cottage dan resort-nya sendiri biasanya berada di tepi pantai dengan bentuk bangunan tradisional yang sangat menarik. Karena tempatnya yang mengahadap ke laut itulah, sehingga para pengunjung yang menginap di sana pun dapat menikmati pemandangan laut dari kamar yang sangat indah. Menilik, apabila anda menginap di cottage atau resort ini halaman rumah atau penginapan anda pun seakan-akan adalah pantai yang indah tersebut.

Adapun bila anda berencana berlibur pulau ini dan ingin menginap pula maka alangkah baiknya jika sudah memesan kamar jauh-jauh hari karena jumlah kamarnya terbatas dan jumlah pengunjung di pulau ini selalu ramai. Mari jangan lupa dan mamang untuk memilih pulau dengan pasir pantai yang putih dan perairan biru jernih ini sebagai destinasi wisata anda. Di sana pun anda juga tinggal memilih, main banana boat, mau berenang, memancing, atau hanya sekadar mau menikmati pemandangan. Tak ada yang salah, karena pemandangan yang disajikan juga luar biasa di Pulau Umang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *