Mengenal Lebih Dekat Pulau Bali

Pulau Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Ia adalah pulau yang sudah terkenal di dunia internasional sebagai destinasi wisata yang mengagumkan. Sebab ia pun memiliki keunikan berbagai hasil seni budaya yang bisa menarik serta mengesankan para turis, sehingga ia pun memang pantaslah bila menjadi tujuan wisata utama bagi para turis lokal maupun internasional, terkhususnya bagi para turis dari Australia serta Jepang. Bahkan, karena hal tersebutlah tak sedikit para turis yang salah kaprah, yang menganggap bahwa Bali bukanlah bagian dari Indonesia. Ya, tapi memang seperti itulah keadaannya, Indonesia kalah pamor dengan Bali yang memang sudah sering dijadikan tempat syuting film-film Hollywood.

Walaupun begitu sebenarnya Pulau Baliatau yang dikenal juga sebagai Pulau Dewata adalah sebuah pulau yang terletak diantara Pulau Lombok dan Pulau Jawa. Ia pun merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Dengan Denpasar, kota yang terletak di selatan pulau ini sebagai ibukota provinsinya. Sementara itu untuk pusat kesenian di Bali sendiri berada di Kota Ubud. Sedangkan destinasi para pelancong yang utama dan paling digemari adalah di Kuta, Jimbaran, Sanur, Nusa Dua, Seminyak, Lovina, Sukawati, dan lain sebagainya.

Tanah Lot - Pulau Bali

Pura Tanah Lot – Pulau Bali

Lebih lanjut, pulau yang merupakan sebagian dari Kepulauan Sunda Kecil ini memiliki panjang 153 Km dengan lebar 112 Km. Pulau Bali pun terletak di 8° garisan lintang selatan. Dengan kedudukan seperti itulah yang menyebabkan pulau ini beriklim tropis sebagaimana kawasan-kawasan di Indonesia lainnya. Luas wilayahnya sendiri adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia secara keseluruhan. Demikian juga, secara administratif Provinsi Bali terbagi atas sembilan kota atau kabupaten, lima puluh lima kecamatan, serta tujuh ratus satu kelurahan atau desa.

Penduduk Pulau Bali sendiri kira-kira berjumlah empat juta jiwa. Yaitu dengan data agama yang dianutnya, mayoritas 92,3% menganut agama Hindu. Sedangkan agama-agama yang lainnya ialah Islam, Katolik, Protestan serta Buddha. Para pendudukan pulau ini selain bergiat dan menggantungkan hidupnya dari sector pariwisata mereka juga hidup dengan mengandalkan bidang perikanan dan pertanian pula. Pun sebagian dari mereka juga memilih menjadi seniman, baik itu seni musik, seni tari, maupun seni rupa.

Bahasa yang digunakan di Bali kebanyakan menggunakan Bali, Bahasan Indonesia dan Inggris yang khususnya digunakan bagi orang-orang yang bekerja di sektor pariwisata. Namun sebagaimana yang terdapat di berbagai pulau di Indonesia, bahasa yang digunakan sebagian besar penduduk Bali pun adalah bilingual atau bahkan trilingual.

Dan Bahasa Inggris mayoritas di sana menjadi bahasa ketiga atau dapat dikatan pula sebagai bahasa asing utama bagi kebanyakan masyarakat Bali. Karena mereka pun dituntut dan dipengaruhi oleh kebutuhan dari bidang pariwisata sendiri yang mereka geluti. Apalagi para karyawan yang bekerja pada pusat-pusat informasi wisatawan di Bali, mereka pun seringkali dituntut untuk memahami juga beberapa bahasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *