Ekstrimnya Suhu, Dan Indahnya Lokasi Wisata Dieng

Wisata Dieng sedang sangat digandrungi untuk para wisatawan yang suka berlibur di dataran tinggi yang sejuk. Memang bukan hal yang aneh untuk banyak orang menjadi sering mencari lokasi wisata yang sejuk, karena memang suhu udara di Indonesia atau bahkan mungkin dunia kini sedang menjadi semakin panas. Karenanya banyak tujuan wisata yang selalu mengarah pada daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Dieng merupakan kawasan dataran tinggi di jawa tengah, yang masik masuk dalam kawasan wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letak dari Dieng sendiri berada di sebelah barat kompleks Pegunungan Sindoro dan Sumbing. Dieng hingga kini masih merupakan kawasan kawasan vulkanik yang masih aktif bahkan bisa dikatakan sebagai gunung api raksasa. Karena Dieng memiliki beberapa kepundan kawah yang masih aktif. Dieng memiliki ketinggian rata rata sekitar 2000 mdpl ( meter diatas permukaan laut) suhu disana berkisar antara 15 hingga 20°c pada siang hari dan saat malam hari, suhu disana bisa mencapai 10°c. Ini merupakan suhu yang cukup ekstrim jika diukur dari suhu rata-rata Indonesia. Tapi keadaan ini bisa lebih parah saat kemarau, karena suhu udara disana bisa mencapai 0°c, yang mengakibatkan munculnya embun beku saat pagi hari.

Wisata alam dieng

Indahnya Wisata Dieng

Tapi dengan keadaan alam yang seperti itulah yang membuat Dieng menjadi salah satu lokasi wisata alam daerah pegunungan yang sangat diminati untuk selalu dikunjungi. Untuk mendatangi wisata Dieng ada beberapa jalur yang dapat dilalui untuk mencapai lokasinya. Ada banyak jalur untuk mencapai Dieng. Jika anda dari Yogyakarta, anda bisa melalui rute Yogyakarta, Sleman, Tempel lalu berlanjut mengikuti jalur Magelang, Secang, Temanggung, Parakan, Kertek, Wonosobo, kejajar dan tibalah anda ke Dieng. Jika anda berangkat dari purwokerto, anda harus melalui melalui jalur Purwokerto, Sokaraja, Purbalingga, Bukateja, Klampok, Banjarnegara, Selomerto, Wonosobo, Kejajar, dan tibalah anda di Dieng. Di sepanjang jalan saat anda sudah mendekati wilayah Dieng, anda akan menghadapi jalur yang berlekuk dengan rute berliku mengitari perbukitan dengan pemandangan pegunungan dan ladang penduduk di disepanjang jalannya. Jika anda merupakan penghobi potografi bersiaplah untuk tidak bisa lepas dari camera anda, karena anda akan selalu tergoda untuk mengabadikan pemandangan yang indah selama perjalanan anda.

Sudah mulai tergoda untuk menikmati wisata alam di Dieng ini? Berbagai fasilitas wisata disana pun kini sudah semakin berkembang, dengan wisata alam yang menjadi satu dengan wisata sejarah karena ada berbagai candi dengan cerita sejarahnya di sana. Dan untuk menunjang kegiatan wisata dan liburan disana, di daerah Dieng kini juga memiliki banyak lokasi penginapan dan villa yang indah yang siap disinggahi untuk tinggal beberapa saat dan berlibur disana. Takakan pernah ada kesan yang terlupakan di wisata Dieng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *