Bishop Rock Pulau Terkecil Di Dunia

Bishop Rock Pulau Terkecil Di Dunia – apakah anda tahu pulau apa yang terkecil di dunia? Menurut data dari Guinness World Records terdapat sebuah pulau yang ukuran paling kecil di dunia, nama pulau tersebut yaitu Bishop Rock. Pulau kecil ini berada di kepulauan Scilly yang berlokasi sekitar 48 km dari Inggris. Ukuran dari pulau ini yaitu memiliki panjang sekitar 46 meter sedangkan lebarnya hanya sekitar 16 meter.

Walaupun pulau ini sangat kecil, tetapi anda dapat terkejut dengan keindahan dan keunikan dari pulau ini. Pulau ini tidak memiliki pantai seperti pulau-pulau di dunia lainnya, tetapi pulau ini hanya terdapat batu karang dan batu karang tersebut memiliki kedalaman sekitar 45 meter. Keunikan dari pulau Bishop Rock ini yaitu adanya sebuah mercusuar yang berdiri kokoh yang memiliki 10 lantai, mercusuar ini berdiri diatas batu karang dan terus-terusan terhepas oleh ombak laut.

Bishop Rock Pulau Terkecil Di Dunia

Pastinya anda bertanya-tanya, kenapa di pulau kecil itu terdapat sebuah bangunan mercusuar? Alasannya yaitu karena di lokasi pulau tersebut sering terjadi insiden kecelakaan kapal yang sedang melintas, karena arus dan ombak di sekitar pulau sangat kuat dan pada malam hari sangat rawan terjadi kecelakaan. Di lokasi ini pernah terjadi sebuah kecelakaan yang sangat besar yaitu tengelamnya kapal armada inggris yang pada saat ini menabrak pulau karang tersebut, kapal armada tersebut membawa sekitar 2.000 pasukan dan semua pasukan tidak ada yang selamat. Pada saat itulah pemerintah inggris memutuskan untuk membangun sebuah mercusuar di atas Bishop Rock. Pada saat itulah tidak lagi terjadi kecelakaan karena cahaya yang di pancarkan mercusuar ini dapat menembus hingga jarak 45 km dan mercusuar tersebut selalu dijaga oleh beberapa orang.

Dari 10 lantai yang terdapat pada mercusuar ini memiliki fungsi yang berbeda, diantaranya yaitu :

  • Lantai pertama dapat berfungsi sebagai tempat penampungan air bersih.
  • Lantai kedua yaitu berfungsi untuk pintu masuk
  • Lantai ketiga berfungsi sebagai tempat penyimpanan
  • Lantai keempat sebangai tangki penyimpanan bahan bakar
  • Lantai kelima sebagai tangki penyimpanan bahan bakar
  • Lantai keenam yaitu tempat penjaga
  • Lantai ketujuh sebagai tempat istirahat para penjaga
  • Lantai kedelapan yaitu sebagai ruang penyimpanan
  • Lantai kesembilan yaitu sebagai ruang servis
  • Lantai kesepuluh yaitu lampu mercusuar

Pada tahun 1992 penjaga mercusuar pensiun dan kemudian dihantikan dengan mesin secara otomatis dapat berfungsi untuk mengatur mercusuar, tetapi setiap beberapa waktu ada petugas yang mengecek kelokasi dengan menggunakan helicopter untuk melakukan perawatan.

Walaupun pulau ini tidak berpenghuni, tetapi banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bishop Rock untuk berfoto. Wisatawan dapat menyewa jasa tour yang dapat anda jumpai di kepulauan Scilly, pengunjung dapat membayar sekitar 250.000 rupiah.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Bishop Rock Pulau Terkecil Di Dunia, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Selamat berwisata…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *