Berwisata ke Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan satu dari sekian banyak pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Tempat ini dahulunya digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai tempat untuk membangun galangan kapal dan benteng pertahanan. Sehingga sisa-sia peninggalan bersejara dari penjajahan Belanda pun masih ada di sana dan saat ini ia sudah termasuk ke dalam aset Cagar Budaya Indonesia yang dilindungi.

Mengenai Pulau Kelor sendiri ia merupakan daratan kecil yang cukup indah. Dengan terdapat pasir pantai yang putih bersih di sana serta juga terdapat air laut yang  dapat dibilang lebih bersih dan jernih dibandingkan air laut Jakarta yang kotor dan hitam. Sehingga di sana pun kita dapat berenang, senorkeling, bermain pasir, ataupun hendak menikmati peninggalan sejarah yang masih meninggalkan cerita pada manusia tentang sejarah negaranya.

Pulau Kelor

Karena Pulau Kelor yang begitu indah ini juga terdapat benteng yang dibangun oleh VOC pada abad ke-17 saat menghadapi para pesaingnya, seperti Portugis. Nama benteng itu adalah Benteng Mortello, ia berdiri kokoh di pulau ini. Dari kejauhan benteng ini kelihatan begitu indah dengan batu batanya yang berwarna merah berukuran kecil yang menujukkan usianya yang telah berabad-abad. Dengan pepohonan serta pasir putih yang melingkupi pantainya, reruntuhan yang memiliki nilai sejarah itu pun kian tampak menawan. Apalagi ketika kita masuk ke dalam benteng tersebut, di sana pun sudah terdapat tanaman yang tumbuh di dinding-dinding benteng.

pulau kelor

Dewasa kini apabila kita memasukai kawasan Pulau Kelor pun di sana akan tampak tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjunginya, bule-bule pun sudah sering mampir dan menikmati ber-snorkeling di pulau ini. Selain itu, di pulau ini kita juga bisa memancing dengan menajajal berbagai spot-spot memancing yang memang sudah terkenal akan ikan-ikannya. Di sana juga terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Lebih jauh lagi, Pulau Kelor yang konon pada dahulunya merupakan terhubung dengan Pulau Cipir serta Pulau Onrust katanya dulunya di sana terdapat kuburan Kapal Tujuh atau yang biasa disebut sebagai Sevent Provincien beserta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak namun akhirnya gugur ditangan Belanda. Ya memang pulau ini penuh dengan sejarah dan misteri yang menambah nilai plus baginya sebagai salah satu tempat yang memang patut untuk dikunjungi.

Lebih lanjut, pulau yang dahulunya dikenal dengan nama Pulau Kherkof ini meruapakan pulau yang berdekatan lokasinya dengan Pulau Onrust, Pulau Kelapa, Pulau Cipir, Pulau Bidadari, dan lain sebagainya. Untuk ke sana anda bisa berangkat dari Pelabuhan Muara Angke atau dari Pantai Marina Ancol. Jaraknya dari Pantai Ancol sendiri pun cukup lumayan dekat yaitu 1.8 Km atau bila dengan kapal motor membutuhkan waktu satu jam saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *