Berbagai Objek Wisata Garut Paling Populer

Objek Wisata Garut menyimpan berbagai panorama alam dan berbagai trmpat wisata garut yang lainnya. Kabupaten Garut terletak di propinsi Jawa Barat. Kota ini dikelilingi oleh beberapa gunung, yang tiga diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif. banyak tempat wisata di Garut berada di seputar lingkar Gunung Guntur, Gunung Telaga Bodas, Gunung Galunggung, Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Tempat wisata di Garut juga bagian dari tempat wisata di Jawa Barat yang memiliki panorama yang indah dan mempesona. Berbagai fasilitas pendukung telah banyak dikembangkan pada tempat wisata di Garut, untuk memanjakan pengunjung obyek wisata dan mempermudah dan pelayanan yang lebih optimal. Potensi lokasi-lokasi wisata di Garut tidak lepas dari dukungan kondisi alam, yang dimana Garut memiliki pegunungan Vulkanis yang cukup luas. Selain panorama alamnya, kebudayaan asli Sunda memberi ciri khas tersendiri sebagai daya tarik tempat wisata ini.

Untuk menikmati tempat wisata Garut, akan sangat menyenangkan bila kita berkunjung dan menikmatinya bersama keluarga. Bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Garut ada banyak tempat wisata di Kabupaten ini yang harus yang tidak boleh anda lewatkan untuk menjadi objek wisata anda dan dijelajahi keindahannya.

Rekomendasi Wisata  di Garut

Berikut ini beberapa rekomendasi kami tentang beberapa tempat wisata patut anda kunjungi di Garut.

  1. Taman Satwa Cikembulan

Wisata Garut Taman Satwa Cikembulan

Sebuah Obyek Wisata di Garut yang di fungsikan untuk Pelestarian Hewan, Taman Satwa Cikembulan terletak di Kecamatan Kadungora. Berbagai binatang langka yang dilindungi Negara banyak dilestarikan di Taman Satewa Cikembulan ini.

  1. Makam Ja’far Umar Sidiq

Wisata rohani Makam Ja’far Umar Sidiq garut

Ini merupakan salah satu wisata rohani bagi umat Islam. Lokasi makam Ja’far Umar Sidiq berlokasi di kecamatan Leuwigoong dan hingga saat ini merupakan peninggalan bersejarah bagi umat muslim

  1. Tradisi Kesenian Lomba Adu Domba di Garut

Wisata Tradisi Kesenian Domba di Garut

Garut memang terkenal dengan Domba-dombanya, Adu Domba disini adalah benar-benar mengadu domba, bukan kalimat kiasan.

  1. Air Terjun Curug Orok

Wisata Air Terjun Curug Orok Garut

Tempat Wisata Alam di Garut Yang Indah dengan air terjun dan asrinya pemandangan alam. Curug orok merupakan sebuah lokasi wisata air terjun yang berada di Desa Cikandang, lokasi wisata ini cukup terkenal di kota garut. Sedangkan dari namanya,  nama dari Curug Orok ini diambil dari sebuah cerita masyarakat yang konon katanya pernah ada seorang ibu yang membuang seorang bayi di atas lokasi air terjun tersebut. Air terjun atau curug orok ini memiliki ketinggian yang mencapai 45 meter, keindahan alam di lokasi curug ini menjadikan lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada setiap akhir pekan dan juga pada musim liburan. Untuk masuk ke lokasi wisata curug orok, para pengunjung akan dikenakan tarif sekitar 10.000 rupiah per orang.

  1. Obyek Wisata Kawah Gunung Papandayan di Garut.

Wisata Kawah Gunung Papandayan Garut

Seperti namanya, Obyek wisata yang satu ini terletak pada puncak Gunung Papandayan. Gunung papandayan merupakan sebuah gunung api yang masih aktip yang terletak di kecamatan Cisurupan, lokasinya yang berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Bandung sehingga banyak warga bandung dan sekitarnya yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Obyek wisata yang menjadi tempat paling favorit di kawasan Gunung Papandayan yaitu lokasi kawah dan tempat pemandian air panasnya. Tidak hanya itu saja, di lokasi gunung juga banyak para pengunjung yang melakukan pendakian ke pucak gunung untuk menikmati keindahan alam dan juga meikmati indahnya panorama terbitnya matahari di pagi hari.

  1. Wisata Pantai Santolo

Lokasi wisata pantai santolo berada di Pameungpeuk kecamatan Cikelet, lokasi wisata pantai ini memang lokasi wisata yang paling popular di kabupaten garut, sehingga pada masa liburan pantai santolo selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota di jawa barat seperti Bandung dan Jakarta. Untuk menuju ke panati santolo anda harus menempuh jarak sekitar 88 km dari pusat kota Garut. Di lokasi pantai santolo menawarkan keindahan pantai yang sangat mengagumkan, disini juga terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Wisata Situ Bagendit

Di kabupaten garut juga terdapat sebuah danau yang menjadi tempat wisata bagi warga garut dan sekitarnya, lokasi danau situ bagendit terletak di kecamatan Banyuresmi. Danau situ bagendit terkenal akan keindahan alam dan juga udaranya yang sangat sejuk, sehingga lokasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan danau dengan menaiki sebuah perahu, sepeda air, rakit, dan pengunjung juga dapat memancing di sekitar danau.

  1. Wisata Pantai Rancabuaya

Lokasi wisata Pantai Rancabuaya merupakan sebuah obyek wisata yang tidak kalah populernya dengan Pantai Santolo, di pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar karena lokasi pantainya yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Selain itu, di lokasi pantai terdapat batu karang yang cukup banyak dengan ukuran yang juga cukup besar, sehingga sering menyebabkan sekumpulan ikan terperangkap didalam bebatuan karang. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari lokasi pantai rancabuaya, keunikan lain yang ada di pantai ini yaitu adanya wisata air terjun yang lokasinya berhadapan langsung dengan laut.

  1. Wisata Pantai Cijeruk Indah

Obyek wisata Pantai Cijeruk Indah merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya terletak di Desa Sagara, wisata pantai ini termasuk wisata pantai yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan menarik untuk anda kunjungi. Keistimewaan dari obyek wisata Pantai Cijeruk Indah yaitu dari lokasi pantainya yang tidak terlalu ramai, kebersihan yang terjaga, masih sangat alami dan memiliki air laut yang sangat jernih. Di dalam perjalanan menuju ke Pantai Cijeruk Indah, anda dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang berupa sebuah perkebunan karet yang tertata sangat rapi, selain itu di lokasi perkebunan juga anda dapat menjumpai hewan-hewan ternak yang sedang di gembalakan seperti sapi.

  1. Wisata Air Panas, Cipanas

Cipanas merupakan sebuah daerah yang terletak di kota Garut yang memiliki tempat pemandian air panasnya yang cukup terkenal, lokasi pemandian air panas ini berada pada jarak 6 km dari pusat kota Garut dan berada sekitar 50 km dari pusat kota Bandung. Selama perjalanan menuju ke lokasi Cipanas, anda akan melewati daerah pegunungan dan juga area pesawahan yang masih sangat asri dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Di lokasi pemandian juga terdapat penginapan dan juga lokasi wisata lain seperti kolam renang, water boom dan permainan air lainnya.

  1. Wisata Pantai Karang Paranje

Wisata Pantai Karang Paranje merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan pantainya, selain itu dilokasi pantai terdapat keunikan yang dapat anda jumpai yaitu berupa gugusan karang yang berada di sekitar pantai. Lokasi pantai ini menjadi tempat paling favorit bagi warga garut untuk menikmati keindahan pada proses terbenamnya matahari, keindahan akan sangat terasa karena di pantai ini masih belum tersentuh dengan bangunan-bangunan sehingga masih sangat alami dan sangat tenang.

  1. Wisata Pantai Puncak Guha

Di kota Garut juga masih memiliki obyek wisata pantai lain yang berada di kota Garut bagian selatan yang bernama Pantai Puncak Guha, di lokasi pantai ini anda dapat di suguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah yang dapat anda nikmati di atas tebing dan di bagian bawah tebing anda dapat menjumpai sekumpulan kelelawar. Jika anda akan berkunjung ke lokasi wisata Pantai Puncak Guha, sebaiknya anda membawa perbekalan makanan yang cukup karena dilokasi ini sangat jarang sekali menjumpai pedagang.

  1. Wisata Candi Cangkuang

Candi cangkuang merupakan sebuah bangunan candi Hindu peninggalan pada masa kerajaan Sunda Galuh, namun untuk dapat mencapai lokasi candi para pengunjung harus menaiki perahu rakit yang sudah disediakan dan anda hanya akan dikenakan tariff sekitar 2.000 rupiah untuk sekali menyebrang. Lokasi Candi Cangkuang terletak di kecamatan leles, Garut.

Selain tempat–tempat diatas, masih banyak obyek wisata di Garut lainnya yang menarik untuk dikunjungi diantaranya ada air terjun Curug Cimandi Racun di Leles, Gunung Guntur, Kampung Adat di Bayongbong, Pantai Sayang Heulang di Pameungpeuk dan lain-lain.

Saat anda mengunjungi tempat wisata yang ada di wisata di Garut jangan lupa mencicipi dodol khas Garut, yaitu dodol Garut. Karena, belum ke Garut anda, jika belum mencicipinya. Untuk mencapai tempat wisata di Garut, Anda bisa melalui jalur darat, dengan melalui sepanjang jalur pantai selatan yang dominan dengan gunung mereka. Jika dari arah barat, kita bisa menempuhnya dari arah kota Bandung. Sementara jika dari arah timur, kita bisa melewati kota Taksikmalaya. Berminat mengunjungi wisata Garut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.