9 Oleh Oleh Khas Bali Yang Paling Populer

Bali merupakan sebuah pulau yang memiliki pesona sangat memukau dan memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya bagi para wisatawan dunia termasuk Indonesia. Maka tak heran jika kawasan wisata di pulau Bali ini tidak pernah sepi, bahkan para wisatawan terasa berat untuk meninggalkan pulau dewata ini.

Setelah puas berlibur di pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan waktu untuk berburu oleh-oleh untuk di bawa pulang. Selain untuk berbagi bersama keluarga, kerabat dan juga para sahabat, oleh-oleh yang kita bawa dari pulau Bali ini juga dapat menjadi kenangan pada saat kita berlibur.

Lalu, oleh-oleh apa saja yang terkenal di Bali? Simak informasinya mengenai 9 oleh-oleh khas Bali yang paling terkenal berikut ini.

1.Perak Celuk Bali

Oleh Oleh Khas Bali

Perak Celuk Bali merupakan sebuah kerajinan khas Bali yang sudah ada sejak tahun 1976, nama kerajinan ini diambil dari sebuah nama desa yang bernama Desa Celuk. Bentuk kerajinan yang satu ini pun sangat beragam mulai dari patung, perhiasan sampai dengan perlengkapan makan seperti sendok dan juga garpu. Untuk bisa mendapatkan kerajinan Perak Celuk Bali ini, anda dapat berkunjung ke Desa Celuk atau juga dapat anda beli di pasar seni yang diantaranya terletak di pasar Nusa Dua atau di Pasar Sukawati.

2.Manik-Manik Bali

Oleh Oleh Khas Bali

Selain kerajinan Perk Celuk Bali, Pulau Bali juga memiliki kerajinan khas yang lainnya yaitu kerajinan Manik-Manik Bali yang tidak kalah cantiknya. Aneka ragam manik-manik yang dibuat oleh warga Bali diantaranya yaitu seperti kalung, gelang, aksesoris dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk dapat memperoleh oleh-oleh khas Bali ini, anda dapat berkunjung ke pasar yang tersebar diseluruh pasar yang ada di pulau Bali ini.

3.Batik Bali

batik khas bali

Jika anda ingin berburu oleh-oleh batik, anda tidak harus pergi ke Yogyakarta dan pekalongan saja, tetapi pada saat anda berlibur ke Bali juga anda dapat membeli oleh-oleh batik khas Bali yang tidak kalah bagus nya dengan batik-batik lain yang ada di Indonesia. Untuk memperoleh batik khas Bali ini, anda dapat berkunjung ke Batik Galuh yang terletak di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Bali.

Setelah anda tiba di lokasi Batik Galuh, anda tidak hanya dapat membeli hasil kerajinan batiknya saja, tetapi juga anda dapat melihat langsung proses pembatikan dan sekaligus anda juga dapat belajar membatik di tempat ini. Bati yang dijual pun berenaka bentuk seperti batik lembaran, pakaian, tas, gaun dan masih banyak lagi yang lainnya.

4.Joger

joger

Belum bisa di bilang ke Bali jika anda tidak pernah berkunjung ke Joger. Jogger merupakan sebuah pabrik yang memiliki slogan “Pabrik Kata-Kata”, pabrik ini memang identik dengan membuat produk yang memakai kalimat yang menggelitik dan juga sarkastik. Untuk aneka jenis produk yang dibuatnya yaitu pakaian, sandal, gantungan kunci, tas dan juga mug. Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas dan unik ini, anda dapat berkunjung ke Jalan Raya Denpasar, Bedegul KM 37,5, Bali.

5.Kopi Kintamani

oleh-oleh khas bali

Apakah anda suka minum kopi? Jika anda berkunjung ke Bali, cobalah untuk mencicipi kopi khas Bali ini dan sekaligus membelinya untuk oleh-oleh. Kopi Kintamani merupakan kopi yang berkualitas baik, bahkan kopi ini sudah memiliki sertifikat Geographical Indication yang menandakan jika kopi Kintamani sangat berkualitas dan memenuhi standar kopi Internasional.

Proses penanaman kopi ini dilakukan dengan sistem perkebunan tumpang sari, tanaman kopi ini di tanam di lahan berundak dan berada dalam satu kebun dengan aneka jenis tanaman lain seperti aneka buah-buahan, sayuran dan juga kakao. Maka tak heran jika rasa kopi ini terasa berbeda dengan kopi pada umumnya. Untuk membeli kopi ini, anda dapat memperolehnya di pusat oleh-oleh yang tersebar di Bali, namun jika anda ingin melihat perkebunan dan proses pengolahan kopi secara tradisonal, maka anda dapat langsung berkunjung ke kawasan Kintamani.

6.Bali Home Spa

bali home spa

Untuk anda yang suka melakukan perawatan kecantikan dirumah, anda dapat membeli oleh-oleh prosuk Home Spa khas Bali. Untuk produknya tersedia dalam beberapa jenis dan merek sesuai dengan kebutuhan anda seperti body butter, body scrub, body mist dan juga shampo. Untuk mendapatkan produk kecantikan khas Bali ini, anda dapat memperolehnya di pusat oleh-oleh khas Bali ataupun di pusat perbelanjaan yang tersebar di pulau Bali.

7.Pie Susu

pie bali

Selain oleh-oleh berbentuk barang dan produk kecantikan, Bali juga memiliki aneka jenis makanan khas yang salah satunya yaitu Pie Susu. Makanan khas ini berbentuk bulat ceper yang mirip dengan serabi, tetapi pie susu ini memiliki pinggiran yang kering renyah dan di tengahnya terdapat fla susu. Teksturnya yang legit membuat cita rasa kue ini sangat istimewa dan sangat lezat. Makanan khas ini banyak terdapat di pusat oleh-oleh yang dapat anda jumpai di Bali.

8.Kacang Disco

kacang disco

Pasti anda merasa heran dengan nama makanan kha Bali ini, namun belum lengkap rasanya jika pulang liburan dari Bali jika tidak menyempatkan untuk membeli kacang Disco. Kacang Disco merupakan kacang tanah yang di balut dengan tepung dan bumbu, kemudian di goreng hingga kering. Sehingga saat di makan, kacang ini sangat garing dan renyah di mulut. Untuk varian rasanya, kacang Disco memiliki beberapa varian rasa manis, pedas, manis-pedas, barbeque dan juga rasa udang.

9.Pia Legong

Pia Legong

Pia Legong di ambil dari nama tarian daerah khas Bali, sehingga gambar pada kemasannya pun tampak gambar penari legong. Makanan khas ini dibuat dengan cara tradisonal dan jumlahnya pun sangat terbatas untuk menjaga agar kualitas rasanya tetap terjaga dengan baik, untuk rasanya sendiri memiliki beberapa varian rasa seperti cokelat, keju, kacang hijau dan masih banyak varian rasa yang lainnya. untuk dapat membelinya, sebaiknya anda memesannya dengan menelpon terlebih dahulu ke toko sekaligus tempat pembuatannya yang terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 9 oleh-oleh khas Bali yang paling terkenal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *