16 Tempat Wisata Di Banten Dan Sekitarnya

Banten merupakan provinsi yang berada diujung barat Pulau Jawa yang stretegis. Karena letaknya yang strtegi ini, banten menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di banten yang kami rekomendasikan diantaranya yaitu :

16 tempat wisata di banten dan sekitarnya …

1.Rawa dano

Rawa dano

Rawa dano merupakan salah satu tempat wisata alam dibanten dimana kawasan ini memiliki danau, rawa dan hutan. Tempat wisata ini berdiri diatas lahan seluas 2.500 hektar, berlokasi di kabupaten serang atau sekitar 100 km dari kota jakarta. Rawa dano banyak di huni oleh berbagai jenis reftil seperti ular dan kadal. Konon dulunya tempat ini adalah sebuah gunung merapi yang tidak aktif, kemudia tempat ini berubah menjadi sebuah danau dimana terdapat rawa-rawa diatasnya.

2.Pantai Anyer

Pantai Anyer

Pantai anyer berlokasi di kabupeten Serang, banten merupakan tempat wisata populer yang tak pernah sepi dari pengunjung. Di Pantai dengan pasir putih yang indah dan menarik ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti berenang, bermain pasir, olahraga air, menyelam, berwisata kuliner, menikmati panorama alam sekitar sampai berselancar. Terdapat juga fasilitas lain seperti penginapan dan hotel.

3.Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Selain menjadi tempat beribadah umat islam ternyata masjid agung banten kini menjadi wisata religi yang selalu ramai di kunjungi. Masjid agung banten ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah ada sejak tahuan 1569, memiliki arsitektur bangunan zaman dulu memadukan desain budaya hindu, china dan eropa. Tak hanya banguanan mesjid yang menjadi daya tarik, namun juga terdapat bangunan lain ditempat ini seperti makam-makam orang yang berjasa mengembangkan islam di kota banten.

4.Taman Nasional Ujung Kolun

Taman Nasional Ujung Kolun

Tempat wisata taman nasional ujung kolon ini, berada di ujung barat pulau jawa merupakan tempat wisata sekaligus tempat penangkaran badak. Taman nasional ujung kolun tak hanya mencakup wilayah daratan saja, namun juga mencakup beberapa pulau disekitar pulau sekitar ujung barat. Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seperti trekking sampai berkemah tanpa mencemari lingkungan wisata. Selain itu juga taman wisata ujung kolon menerapkan atau mengajarkan sesuatu yang ringan namun berdampak besar yaitu pentingnya menjaga dan melestarikan alam sekitar.

5.Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Berada sekitar 180 meter dari kota jakarta, tanjung lesung merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki kawasan yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya. Banyak kegiatan yang dapat di lakukan disini mulai dari bermain pasir, memancing, menginap. Olahraga air sampai menyemal menjadi kegiatan menyenangkan patut anda coba. Berada diatas lahan seluas 1.500 hektar menjadikan kawasan wisata ini sayang jika terlewatkan.

6.Pulau Dua / Pulau Burung

Pulau Dua atau Pulau Burung

Merupakan kawasan wisata berupa cagar alam berada diatas lahan seluas 30 hektar. Pulau dua atau pulau burung ini berlokasi di lepas pantai banten yang menjadi tempat hunia dari berbagai jenis burung dalam jumlah atau kelompok besar. Anda dapat menyaksikan berbagai jenis burung dari berbagai benua yang berdatangan ke pulau burung hanya pada bulan april sampai agustus . namun setelah musim berlalu, sebagian jenis burung akan kembali kepada habitat aslinya atau ke tempat asalnya.

7.Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Panttai karang bolong ini berada di dalam sebuah batu karang bolong yang diakibatkan karena hempasan ombak. Pantai yang berlokasi sekitar 40 km dari kota serang banten ini berdekatan dengan tempat wisata apantai anyer, merupakan pantai yang unik dan menarik dikunjungi. Karena di kawasan pantai ini berdapat banyak sekali batu karang, sehingga tidak disarankan untuk berenang disini karena dapat membahayakan.

8. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung krakatau merupakan salah satu gunung berapi yang pernah melus dengan kedasyatan yang menggemparakan dunia, karena dampak dari letusan gunung ini tidak hanya dirasakan di Indonesia tapi juga berdampak sampai ke berbagai negara. Salah satu kegiatan pafavorite ditempat ini yaitu, mendaki gunung krakatau. Anda dapat memiliki berbgai paket mendaki yang sudah disediakan pihak wisata disini, mulai dari paket 1 hari sampai paket 4 hari.

9.Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai carita merupakan salah satu tempat wisata pantai di Banten yang populer di indonesia. berlokasi di pesisir barat provinsi banten, Kabupaten pandeglang menjadi salah satu tempat yang dapat melihat gunung krakatau dari tepi pantai. Memiliki pasir putih yang indah lengkap dengan deburan ombak kecil yang bersahabat ditemani hembusan angin khas pantai. Menjadi tempat wisata pavorite, maka tak heran jika kawasan pantai carita memiliki berbagai berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Letaknya yang hanya sekitar 160 km dari jakarta membuat tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan dari kota jakarta dan sekitarnya.

10.Kampung Baduy

Kampung Baduy

Kampung baduy merupakan sebuah kampung yang dihuni suku baduy. Suku baduy masih melestarikan adat istiadat dan termasuk suku sangat kental dengan adat sundanya sampai sekarang dan menjadi suku asli di provinsi banten. Sedikitnya suku baduy memiliki 8.000 jiwa penduduk dan terbagi menjadi du suku baduy yaitu suku baduy luar dan suku dabuy dalam. Suku baduy luar ialah suku baduy yang menerima atau lebih terbuka denga dunis luar, sedangkan suku baduy dalam ialah suku baduy yang menolak dunis luar. Kampung baduy sendiri berada di kabupaten lebak, banten.

11.Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Pulau sangiang berlokasi di selat sunda, banten yang memiliki luas sekitar 700 hektar. Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari pantai anyer yang memakan waktu sekitarb 45 menit. Pulau ini merupakan pulau milik swasta yang sekaligus di kembang menjadi kawasan wisata oleh pihat swasta juga yang terdiri dari berbagai jenis wisata mulai dari wisata bahari, wisata budaya, wisata alam sampai wisata ilmiah. Dikawasan wisata ini anda dapat melakukan berbagai jenis kegiatan seperti bermain dipantai, berenang, mendaki, menyemal, memancing, berkemah, berjemur sampai menikmati peninggalan sejarah yaitu sisa benteng jepang.

12.Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai sawarna merupakan kawasan wisata dibanten dan mulai banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2000 yang dipromosikan melalui internet. Pantan ini berada di desa Sawarna, sekitar 150 km dari rangkasbitung yang setia harinya tak pernaj sepi dari berbagai kalangan wisatawan. Salah satu daya tarik wisatawan luar berkunjung ke pantai sawarna karena mbak besat yang dimiliki, sehingga sangat cocok untuk berselancar.

13.Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi diambil dari bahasa sunda yang berarti danau buatan ini berada di kecamatan Kramatwatu, merupakan salah satu peninggalan sejarah pada masa peninggalan sejarah sultan Banten. Danau tasikardi ini memiliki lahan seluas sekitar 5 hektar, dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh keluarga sultan dan sekarang tempat ini dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Berbagai kegiatan dapat di lakukan di tempat ini seperti berkemah, bermain perahu air, menikmati pemandangan dan suasan khas danau, memancing sampai mengunjungi peninggalan sultan banten yang berada ditengah danau. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, danau tasikardi juga berfungsi sebagai penampungan air sungai cibanten sekaligus digunakan untuk mengairi sawah para penduduk.

14.Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung jeram sungai ciberang merupakan salah satu kawasan arung jeram yang menjadi favorite warga jakarta dan sekitarnya. Tentu saja hal ini dikarenakan lokasi yang dilalui sungai terlihat sangat asri serta hijau, sehingga menambah daya tarik dengan suguhan pemandangan alam yang hijau dan tenang. Bukan itu saja, pemandangan sungai arus jeram tak lepas dari pandangan saya untuk menikmati cipta sang Maha Pencipta dengan segara keindahannnya. Akses menuju tempat wisata ini terbilang cukup sulit dengan medan yang terjal dan berliku, jadi sebaiknya anda tidak menggunakan kendaran dengan body yang besar.

15.Pantai Bagedur

Pantai Bagedur

Pantai bagedur mungkin terdengar cukup asing ditelingan terlebih bagi anda yang berada diluar kota banten. Tempat wisata yang satu ini berada di kecamatan Malingping atau sekitar 115 km dari rangkasbitung. Pantai bagedur memang tidak sepopuler pantai lain di banten, hal ini terlihat dari kawasan pantai yang masih sangat asri. Pantai dengan panjang dapat mencapai 10 km dengan lebar 50 meter merupakan pantai yang berpasir cokelat yang kini mulai banyak di kunjungi wisatawan setuiap harinya. Pantai ini dapat di lalaui oleh kendaraan bermotor, karena karakter pasirnya yang padat.

16.Pulau Umang

Pulau Umang

Pulau umang ini berlokasi sekitar 180 Km dari Jakarta yang berlokasi berdekatan dengan tempat wisata Tanjung Lesung, Banten. Pulau umang ini berada diatas lahan seluas 5 hektar yang di kelola oleh pihak swasta. Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan bergai fasilast yang cukup lengkap mulai dari kolam renang, ruang pertemuan, wahana permaianan, sarana olahraga, tempat karoke dan masih banyak fasilitas lain yang tersedia. Karena cuaca disini terbilang sangat terik jadi jangan lupa untuk membawa sunblok atay tabir surya jika tidak ingin kulit anda terbakar.

Itulah ke 16 tempat wisata di Banten dan sekitarnya yang menarik dan menyenangkan untuk di kununjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur !!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *