1001 Pesona Pulau Pramuka

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini secara administratif masuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu. Kebanyakan masyarakat yang hidup di pulau ini dari suku Betawi, Banten, Madura, dan Bugis. Pulau ini mudah sekali dicapai, yaitu dengan melalui perjalanan laut dengan perahu motor tradisional atau dengan speedboat dari Pelabuhan Muara Angke atau dari dermaga kapal Maarina Ancol di kompleks Taman Impian Jaya Ancol.

Pesona Pulau Pramuka

Apabila anda ingin melakukan traveling ke pulau-pulau lainnya, maka  alangkah baiknya anda menyewa ojek perahu sehingga anda pun akan langsung diantar ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu ini, seperti Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Semak Daun, dan sebagainya. Di Pulau Pramuka sendiri, sanitasi serta tata tempat tinggalnya sudah tertata cukup apik. Dalam bidang pendidikan pun sudah tersedia sekolah dari taraf SD sampai SMA. Fasilitas penunjang di sana juga cukup memadai, seperti dermaga, rumah sakit, tempat ibadah, penginapan, villa, dan lain sebagainya.

Snorkling di Pulau Pramuka

Lebih lanjut, Pulau Pramuka memang menyimpan banyak sekali pesona di dalamnya yang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Karena pulau yang memiliki warna air laut kehijauan bening ini masih terlihat jernih, seakan jauh dari polutan. Sehingga anda pun dapat menikmati keindahan laut yang menawan di pulau ini. Demikian juga anda bisa mencoba snorkeling, diving, kayaking, memancing, atau pun hanya sekadar menikmati sunset di dermaga.

Anda pun dapat melihat budidaya ikan bandeng yang besarnya dapat mencapai besar paha orang dewasa. Selain itu, di sana anda juga bisa melihat ikan bawal, snapper, kerapu macan, hiu yang berukuran jumbo. Pun anda bisa melihat penyu sisik langka yang memang di tangkar dan di lestarikan ditempat tersebut. Serta ada pembudidayaan pohon mangrove yang dilestarikan guna melindungi serta mempertahankan daratan pula.

Selain mempunyai kelebihan-kelebihan tersebut, Pulau Pramuka juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Terlebih pemandangan bawah lautnya yang sangat mempesona. Dengan pasir pantainya yang bersih, air yang jernih, ragam spesies dan terumbu karang yang ada di bawah laut pun dapat anda lihat dan pegang saat anda menyelam di sana. Karena tak dapat dipungkiri bahwasanya gugusan terumbu karang di sekitar pulau ini sangatlah indah.  Di daerah ini pun cocok sekali untuk olahraga air seperti snorkeling, diving, atau scuba diving.

Bagi anda yang mempunyai hobi memancing juga dapat memancing di dermaga Pulau Pramuka di bagian depan pulau, atau anda dapat menyewa kapal nelayan untuk memancing di spot-spot mancing yang memang terkenal banyak di huni ikan-ikan besar. Itulah berbagai kelebihan dan pesona yang ditawarkan oleh Pulau Pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.