10 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda tahu dari kota mana pem pek kapal selam berasal? Palembang adalah ibu kota dari sumatera selatan yang terkenal dengan empe empe salah satu jajan khas dari Palembang. Pelambang merupakan kota terbesar ke dua di sumatera selatan.

Palembang memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Untuk lebih jelas dan lengkapnya simak langsung saja ke 10 tempat wisata di pelembang yang wajib di kunjungi.

1.Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Jembatan yang di bangun pada tahun 1962 dan selesai di bangun pada tahun 1965 merupakan ikon serta lambang dari kota pelembang. Jembatan tersebut menghubungkan seberang Ulu dan seberang Ilir yang di pisahkan oleh sungai musi. Berjarak sekitar 50 meter dari jembatan tersebut, anda akan menemukan tempat yang menjual berbagai souvenir serta makanan atau jajanan yang khas.

2.Sungai Musi

sungai musi

Sebelum di bangun jembatan apmera, dulunya sungai musi merupakan sarana transportasi utama di kota tersebut. Sungai musi merupakan sungai terpanjang yang mencapai panjang 750 Km yang membelah kota Palembang menjadi 2 bagian. Berlokasi di kawasan sungai musi terdapat beberapa objek wisata seperti, restoran terapung, kampung arab serta benteng kuto besak. Sunga musi adalah sebuah tempat yang cocok untuk berkuliner.

3.Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 6 Km dari jembatan ampere yang berada di tengah sungai musi. Di tempat ini anda akan menemukan sebuah vihara yang tak pernah sepi olehdi datangi umat budha sebagai tempat beribadah (berdoa dan berjiarah). Di tempat ini pula akan di temukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Masih terdapat hal yang menarik lainnya yaitu seperti pagoda berlantai 9 tepatnya di bangun pada tahun 2006 serta terdapat pohon cinta. Konon katanya menurut masyarakat setempat berpendapat, siapa saja pasangan yang mengukir nama mereka pada pohon tersebut maka cinta mereka akan terus sampai ke pelaminan.

4.Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Adalah sebuah tempat wisata yang berupa hutan di sumtera selatan yang merupakan satu satunya tempat wisata hutan yang ada di pelembang. Taman hutan wisata punti kayu terletak di sekitar 7 Km dari pusat kota pelembang dan termasuk sebagai tempak wisata yang di favoritekan oleh keluarga dengan luas sekitar 50 hektar.
Taman hutan wisata punti kayu ini merupakan hutan pinus kota terbesar di Indonesia. Di tempat in pula di lengkapi dengan berbagai fasilitas wisata sangat lengkap yang di lengkapi dengan sebuah tempat penangkaran buaya serta kebun binatang. Selain itu juga di tempat ini anda dapat melakukan aktifitas lain seperti berenang, menunggang kuda, aktraksi gajah, bermain perahu serta bermain di taman.
Harga tike masuk ke tempat wisata ini sekitar Rp. 5.000 dan di buka pada pukul 09.00 sampai 16.00.

5.Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Yaitu sebuah bangunan yang merupakan kebanggaan dari kota pelembang. Benteng ini berdiri kokoh dengan bahan bangunannya terbuat dari batu yang menjadi saksi perjuangan saat melawan para penjajah. Benteng kuto besak menjadi ikonnya kota pelembang karena sejarah, keunikan serta keindahan yang di miliki oleh tempat ini terlebih jika di lihat pada sore hari.

6.Mesjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Mesjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Merupakan sebuah bangunan mesjid yang paling besar di kota pelembang yang termasuk kedalam tempat wisata budaya dan religi di kota pelembang. Mesjid agung sultan Mahmud badaruddin di banguan dengan melibatkan gabungan arsitektur seperti dari Indonesia, china dan eropa. Di sekitar bangunan mesjid agung juga anda akan menemukan 2 pasar, dimana pasar tersbeut menjual beraneka macam souvenir atau cidera mata khas Palembang, mejual kain tenun, kerajinan yang terbuat dari kayu serta berbagai jenis makanan.

7.Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak

Tempat wisata berikutnya yaitu taman kambang iwak yang dulunya dalah sebuah tempat peninggalan sejarah pada masa menjajahan belanda. Taman kambang dulunya berfungsi sebagai taman rekreasi keluarga belanda yang tinggal di kawasana taman tersebut. Saat ini taman tersebut menjadi sebuah tempat wisata yang sangat di minati untuk di kunjungi. Tempat ini sering di jadikan sebagai tempat untuk berolahraga di di pagi hari dengan mengelilingi kolam yang panjangnya dapat menapai 800 meter.
Taman kambang iwak juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas seperti berbagai fasilitas permaian serta terdapat sejumlah tempat makan yang sering di jadikan sebagai tongkrongan anak muda untuk berkumpul.

8.Gelora Sriwijaya

Gelora Sriwijaya

Merupakan sebuah tempat yang berupa stadion sepak bola terbesar ke tiga di Indonesia yang berkapasitas dapat mencapai 40.000 orang. Gelora sriwijaya adalah sebuah stadion yang di akuai sebagai stadion berkelas internasiona dan merupakan sebuah bangunan kebanggannya kota pelembang. Sesuai dengan namanya, tempat ini sekarang di jadikan sebagai markas dari klub sepa bola yang bernama sri wijaya fc sekaligus sebagai tempat untuk pertandingan sepak bola. Karena tempat ini memiliki luas yang sanat luas, sehingga sering di jadikan pula sebagai tempat untuk acara lainnya.

9.Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Adalah sebuah tempat wisata yang paling terkenal di Palembang sebagai wsiata air yang terletak di kota pagar alam. Ketinggian air terjun lematang ini mencapai sekitar 40 meter, walaupun tidak terlalu tinggi tapi air terjun ini memiliki Suasana lingkungan yang sangat nyaman, sejuk dan asri. Perjalan menuju tempat ini anda akan di suguhkan dengan hamparan pemandangan sangat indah yang dapat membuat anda merasa nyaman. Harga tiket memasuki kawasan ini sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 4.000 / orang.

10.Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Merupakan sebuah bangunan mesjid yang paling unik dari yang ada. Keunikan dari bangunan mesjid ini karena bangunan mesjid ini memiliki nuansa khas budaya china yang khas. Fungsi lain selain tempat beribadah yaitu sebagai salah satu tempat wisata yang banyak di senangi para wisatawan yang berasal dari berbagai kota dan negera seperti medan, Malaysia, singapura, Taiwan dan masih banyak lagi.

Oke sampai disini dulu pembahasan mengenai 10 tampat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *