10 Tempat Wisata Di Manado Yang Wajib Dikunjungi

10 tempat wisata di manado yang wajib dikunjungi- manado adalah nama sebuah kota yang menjadi ibu kota nya provinsi Sulawesi Utara. Yang menjadi semboyan dari kota manado yaitu “Torang Samua Basudara” semboyan tersebut memiliki arti “Kita Semua Bersaudara”. Kota manado memiliki terkenal dengan keramahn masyarakatnya, baik kepada para pendatang ataupun kepada masyarakat sekitar karena mereka menganggap kita semua itu bersaudara.

Selain terkenal dengan masyarakatnya yang sangat ramah, Manado juga terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang sangat indah dan juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di indonesia dan bahkan dari mancanegara.

Nah, pasti anda semua penasaran apa saja 10 tempat wisata di manado yang wajib dikunjungi? Yukk, kita simak informasi lengkapnya berikut ini.

  1. Wisata Taman Laut Bunaken

Wisata Taman Laut Bunaken

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di dunia, karena Taman Laut Bunaken telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO yang di tetapkan pada tahun 2005. Hal ini dikarenakan, di taman Laut bunaken terdapat berbagai jenis terumbu karang dan ikan laut hias yang sangat cantik dan menarik.

Para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya yang sangat popular dengan melakukan kegiatan seperti menyelam, snorkeling dan jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen dengan melakukan pemotretan pemandangan di bawah laut. Hal tersebut tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berkesan bagi anda. Sedangkan bagi anda yang tidak bisa berenang dan menyelam, anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut dengan menggunakan kapal selam yang disediakan oleh pengelola dengan di desain khusus dengan menggunakan dinding kaca, sehingga anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut dengan leluasa. Untuk menuju ke lokasi wisata Taman Laut Bunaken, anda hanya perlu melakukan perjalan selama 35 menit dari pelabuhan Manado dengan menggunakan speed boat.

  1. Wisata Pantai Malalayang

Wisata Pantai Malalayang

Pantai Malalayang juga tidak kalah menarik dengan wisata lain yang ada di Manado untuk anda kunjungi, tempat wisata pantai ini hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Manado. Pantai ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk anda yang menyukai kegiatan menyelam, snorkeling, berenang dan kegiatan bawah laut lainnya. Hal ini dikarenakan, di lokasi pantai Malalayang memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat indah. Selain itu, ombaknya pun tidak terlalu besar dan terbilang cukup tenang, sehingga sangat aman untuk anda yang ingin bermain air di pesisir pantai. Kagiatan lain yang tidak boleh anda lewatkan disini yaitu menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar pantai, makanan yang popular di sini yaitu pisang goring dan juga sambal dabu-dabu nya. Akan semakin terasa nikmat jika anda menyantap pisang goreng sambil menikmati indahnya pemandangan pada saat matahari terbenam.

  1. Wisata Arung Jeram Sawangan

Wisata Arung Jeram Sawangan

Bagi anda yang menyukai tantangan, anda dapat melakukan kegiatan arung jeram di sungai Sawangan yang memiliki arus cukup deras dan dapat memacu adrenalin anda semua. panjang sungai yang akan dilewati sekitar 9 km dengan melewati berbagai rintangan bebatuan selama kurang lebih sekitar 2 jam. Kegiatan ini akan dimulai di kawasan Resort River Park, Desa Sawangan. Pada saat anda sedang melakukan perjalanan di sepanjang sungai, anda akan menjumpai pemandangan alam pepohonan yang rimbun yang sangat indah dengan dan anda juga kan menjumpai sekumpulan monyet yang sedang bergelantungan di atas pohon. Untuk melakukan kegiatan ini, anda harus membayar tiket sebesar 180.000 rupiah.

  1. Wisata Air Terjun Kima Mas

Wisata Air Terjun Kima Mas

Masih berkaitan dengan wisata air di Manado, tempat wisata Air Terjun ini memang sangat layak untuk anda kunjungi karena memiliki keindahan alam yang sangat liuar biasa. Lokasi wisata air terjun ini berada di Desa Kima Atas yang berjarak sekitar 15 km dari kota Manado. Diseitar kawasan wisata air terjun terdapat banyak sekali pepohonan yang rimbun, sehingga udara disini sangat sejuk dan menyegarkan. Di lokasi air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata bermain air seperti berenang, belajar arung jeram dan bermai air lainnya. Hal ini dikarenakan, arus pada air terjun ini tidak terlalu besar dan deras sehingga sangat aman. Para pengunjung juga dapat menikmati aneka jenis kuliner yang ditawarkan disekitar kawasan Air Terjun Kima Mas sambil menikmati pemandangan alam disekeliling anda. Jika anda kehabisan uang, anda tidak perlu khawatir karena di lokasi wisata ini juga terdapat ATM.

  1. Wisata Danau Tondano

Wisata Danau Tondano

Danau Tondano ini merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk pada saat terjadi sebuah letusan gunung purba. Hampir mirip dengan Danau Toba yang terdapat sebuah pulau di bagian tengah Danau, lokasi danau ini berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 600 meter dpl. Sedangkan luas dari danau ini yaitu sekitar 4.000 hektar dan di apit dengan beberapa gunung yang terdiri dari Gunung Tampusu, Gunung Masarang dan juga Gunung Kaweng.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan cara berkeliling dengan menggunakan perahu motor yang dapat anda sewa di sekitar danau dengan harga sewa sekitar 50.000 ribu dengan kapasitas perahu sebanyak 10 orang. Selain menikmati keindahan danau, anda juga dapat menjumpai para nelayan yang sedang menangkap ikan dengan menggunakan keramba. Setelah anda merasa puas berkeliling danau, anda juga dapat menikmati berbagai jenis kuliner yang dapat anda jumpai di warung-warung disekitar danau.

  1. Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa

Taman wisata tandurusa merupakan sebuah taman wisata yang memiliki aneka jenis binatang khas dari Sulawesi yang beberapa diantaranya yaitu moneyt, rusa, babi, tarsius, dan aneka jenis burung. Lokasi Taman Wisata Tandarus terletak di Kecamatan Aertembaga, untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh kurang lebih selama 2 jam dari Kota Manado.

Jenis satwa yang paling popular di Taman Wisata Tandarusa ini yaitu Tarsius yang sudah lami menjadi ikon provinsi Sulawesi Utara. Tarsius merupakan satwa yang memiliki bentuk fisik seperti monyet, namun ukuran tubuhnya sangat kecil hanya sekitar 15 cm dengan kaki yang lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Keunikan dari hewan ini yaitu pada bagian mata nya yang sangat besar dan bulat, sehingga hewan ini sangat menarik dan unik.

  1. Wisata Bukit Kasih

Wisata Bukit Kasih

Sikap persaudaran yang menjadi semboyan masyarakat Manado memang tidak perlu kita ragukan dan bukan hanya sekedar semboyan belaka, terbukti dari penduduk di kawasan Bukit Kasih ini dengan keberagaman agama yang di anut oleh masyarakat di Bukit Kasih ini, anda dapat menjumpai tempat-tempat beridabah dari lima agama yang mereka anut. Namun mereka semua dapat hidup bermasyarakat dengan tenang dan damai dalam satu tempat atau wilayah. Lokasi Bukit Kasih terletak di Desa Kanonang yang berjarak sekitar 55 km dari Kota Manado. Pada saat anda memasuki pintu masuk ke kawasan Bukit Kasih, anda akan menjumpai sebuah monument yang memiliki ketinggian sekitar 22 meter yang dikenal dengan nama Tugu Toleransi. Monument yang satu memiliki bentuk yang unik dan berbentuk segi lima, di setiap sisi memiliki symbol dari setiap agama yang di anut masyarakat Bukit Asih. Selain monument Toleransi juga terdapat sebuah menara salib yang memiliki ketinggian sekitar 53 meter, menara salib ini dapat terlihat sangat jelas di kawasan Boulevard yang lokasinya berada di Kota Manado.

  1. Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara

Jika anda ingin mengenal aneka suku dan budaya yang ada di provinsi Sulawesi Utara, anda wajib untuk mengunjungi Museum Negeri Sulawesi Utara yang ada di Jalan WR. Supratman. Di museum tersebut terdapat berbagai koleksi kebudayaan yang terdiri dari miniature rumah adat, perlengkapan rumah tangga, benda-benda bersejarah, pakaian adat, peralatan nelayan dan masih banyak lagi koleksi lainnya yang berhubungan dengan seni dan kebudayaan yang mencapai total koleksi sekitar 2.810 buah. Bagi anda yang ingin masuk dan melihat berbagai koleksi di Museum Negeri Sulawesi Utara ini, anda akan dikenakan harga tiket masuk 1.000 rupiah untuk orang dewasa, sedangikan untuk anak-anak hanya dikenakan harga tiket masuk 250 rupiah saja.

  1. Boulevard

Boulevard

Boulevard merupakan sebuah kawasan yang dulunya sering digunakan untuk berdagang bagi para pedagang kaki lima, lalu pemerintah menjadikan lokasi ini sebagai landmark kota Manado. Lokai Boulevard terletak di sepanjang jalan Pierre Tendean, Manado. Kawasan Boulevard sangat terkenal dengan keindahan pemandangannya pada saat terbenam matahari di sore hari, maka tak heran jika setiap sore tempat ini selalu ramai dikunjungi. Selain itu, anda juga dapat menikmati aneka jenis kuliner mulai dari kuliner khas Manado di tempat ini sambil menikmati pemandangan Pulau Manado yang dapat terlihat sangat jelas disini.

  1. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Sekitar 22 km dari pusat kota Manado, terdapat sebuah kota yang bernama kota Tomoho yang terkenal dengan julukan Kota Bunga. Kota ini berada dikawasan kaki Gunung Lokon, sehingga memiliki udara yang sangat sejuk, segar dan jauh dari polusi asap kendaraan bermotor. Kondisi tanah yang ada di Tomohon sangat subur dan sangat cocok untuk membudidayakan aneka jenis tanaman dan bunga hias yang sangat indah. Maka tak heran jika setiap rumah yang ada di Tomohan memiliki kebun sendiri di pekarangan rumahnya.

Pada saat menginjak bulan Juni sampai dengan Agustus sering diadakan festival bunga hias, jika anda berkunjung antara bulan-bulan tersebut anda akan dapat menikmati parade bunga dan juga berbagai acara di kota ini. Jika anda ingin bermalam di kota Tomohon, anda dapat dengan mudah menjumpai penginapan atau hotel untuk bermalam.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di manado yang wajib dikunjungi, semoga bermanfaat dan selamat berwisata..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *