10 Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Dikunjungi- Makasar adalah ibu kota provinsi sulawesi utara yang merupakan kota terbesar di bagian Indonesia timur. Selain soto dan pisang epe makasar juga memiliki berbagai tempat wisata yang menawan dan menarik dan wajib di kunjungi saat singgah ke kota tersebut. Nah, berikut ini merupakan 10 tempat wisata di Makassar yang wajib di kunjungi diantaranya sebagai berikut :

1.Pantai Losari

Pantai Losari

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke makasar tanpa berkunjung ke pantai losari. Pantai losari memang terkenal akan keunikannya karena tidak seperti pantai lain yang memiliki pasir, karena disini anda hanya akan menemukan beton di tepian pasir. Meskipun dipantai tidak bisa bermain pasir, namun pengunjung tetap bisa menikmati kegiatan lainnya. kegiatan yang dapat di lakukan di pantai ini antara lain seperti memancin, bersepedah, naik perahu, banana boa, akses internet gratis dan masih banyak kegiatan lain yang menghibur dan menyenangkan.

2.Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam

Merupakan bangunan peninggalan sejarah pada tahun 1545 yaitu kerajaan Gowa-Tallo, pada awalnya benteng bangunan ini di bangun oleh raja ke-9 dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, namun kemudian bangunan ini dibangun kembali oleh raja yang ke-14. Jika kita cermati bangunan ini dari ketinggian, maka bentuk dari bangunan benteng ini mirip dengan seekor penyu yang merangkan menuju ke laut.

Pada awalnya benteng ini dinamakan ‘Benteng Ujungpandang” namun setelah benteng ini berpindah tangan kepada Belanda namanya berganti menjadi Fort Rotterdam dan nama tersebut sampai saat ini masih sangat popular. Sedangkan pemerintahan Belanda memfungsikan Benteng ini sebagai tempat untuk menyimpan rempah-rempah hasil rampasan.

Didalam kawasan Benteng terdapat sebanyak 13 buah bangunan dan juga 5 buah menara, satu menara berada di depan pintu masuk utama sedangkan empat menara lainnya berada di setiap sudut benteng. Didalam kawasan benteng terdapat juga sebuah museum yang dikenal dengan nama Museum La Galio dan didalam museum tersebut terdapat berbagai koleksi barang-barang peninggalan kerajaan. Selain itu, didalam benteng juga terdapat sebuah tempat yang konon katanya pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan oleh Pangeran Diponegoro.

Tempat wisata ini di buka untuk umum setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan jam 18.00, sedangkan untuk Museum La Galigo dibuka setiap hari selasa sampai dengan Minggu dari jam 08.00 sampai dengan 12.30.

3.Tempat Wisata Trans Studio Makasar

Tempat Wisata Trans Studio Makasar

Tempat Wisata Trans Studio Makasar merupakan sebuah tempat wisata yang menjadi ikon nya kota Makasar. Tempat wisata modern ini pertama kali dibuka untuk umum pada 20 Mei 2009, dan Trans Studio Makasar memiliki lahan seluas 2,7 hektar. Berbagai wahana menarik pun dapat dinikmati oleh para pengunjung dengan jumlah wahana mencapai 21 wahana permainan yang menarik dan juga empat zona permainan seperti Studio Central, Magic Corner, Lost City dan juga Cartoon City.

Trans Studio Makasar dubuka setiap hari mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 19.00 malam, sedangkan untuk hari libur dan hari besar lokasi wisata ini dibuka hingga pukul 21.00. bagi para pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata ini harus membeli tikrt masuk yang harganya sekitar 100.000 rupiah pada saat hari-hari biasa dan 200.000 rupiah pada saat hari libur dan hari libur nasional.

4.Wisata Taman Nasional Bantimurung

Wisata Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Kabupaten Maros yang jaraknya sekitar 45 km jika ditempuh dari pusat kota Makasar, Taman Nasional ini berdiri diatas lahan yang luasnya sekitar 43.750 hektar yang sebagian wilayahnya terdiri dari kawasan gua, air terjun dan juga bukit kapur.

Di taman nasional ini para pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis spesies kupu-kupu, sebagian orang menyebut taman ini sebagai kerajaan kupu-kupu karena jenis kupu-kupu yang ada di taman ini terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu. Maka tak heran jika Taman Nasional Makasar ini memiliki patung kuou-kupu raksasa yang menjadi ikon Taman Nasional Bantimurung. Bagi anda para pecinta kupu-kupu, disini anda dapat mempelajari awal mula terjadinya proses mulai dari sebuah kepongpong hingga menjadi kupu-kupu yang cantik dan indah. Disini juga terdapat koleksi kupu-kupu dari berbagai jenis yang telah diawetkan. Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya yang dapat anda lakukan disini yaitu berenang, bermain di bawah air terjun, flying fox dan juga menjelajahi gua. Harga tiket masuk ke lokasi wisata Taman Nasional Bantimurung yaitu sekitar 20.000 rupiah per orang.

5.Wisata Taman Laut Taka Bonerate

Wisata Taman Laut Taka Bonerate

Bagi anda yang hobi menyelam dan snorkeling, lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Pada saat anda sedang asik menyelam, anda akan semakin betah karena berbagai jenis ikan hias yang cantik, penyu dan juga kura-kura akan menemani anda. Ditambah lagi dengan menyaksikan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah, sehingga anda akan merasa betah berlama-lama berada di bawah laut. Waktu yang sangat tepat untuk melakukan penyelaman atau bersnorkeling di kawasan wisata ini yaitu pada bulan April sampai dengan bulan Mei, pada saat itulah biasanya kondisi cuaca, suhu, arus dan kondisi yang mendukung dalam keadaan baik dan aman untuk melakukan kegiatan tersebut. tetapi sebelum melakukan penyelaman, anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Balai Taman Nasional, jika anda lupa membawa perlengkapan menyelam, disekitar lokasi wisata ada tempat penyewaan perlengkapan menyelam dengan harga sewa sekitar 250.000 rupiah.

6.Wisata Malino

Wisata Malino

Malino merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Makasar, keindahan alam dan juga udara yang sangat sejuk menjadi daya tarik para wisatawan. Wisata pegunungan ini terletak sekitar 90 km dari pusat kota Makasar dan memiliki ketinggian sekitar 1.050 meter dpl, sedangkan suhu di lokasi berada pada kisaran 10 sampai dengan 26 °C. Maka jika anda akan pergi berlibur ke Malino, sebaiknya anda tidak lupa membawa jaket tebal atau baju hangat. Pada saat anda sedang dalam perjalanan menuju Malino, maka anda akan menyaksikan pemandangan hutan pinus dan juga batu kapur yang sangat indah dan menakjubkan.

Selain itu, dikawasan wisata Malino anda dapat menjumpai beberapa lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti kawasan Air Terjun Seribu Tangga, Air Terjun Takapala, perkebunan teh, lembah biru dan juga bunker peninggalan pada masa penjajahan Bangsa Jepang.

7.Wisata Tanjung Bira

Wisata Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan lokasi wisata pantai yang sangat ramai yang lokasinya lumayan jauh dengan jarak sekitar 200 km dari pusat kota Makasar. Namun rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh akan langsung terobati setelah anda menginjakan kaki diatas pasir yang sangat putih dan halus, ditambah lagi dengan air lautnya yang sangat jernih menjadikan anda ingin langsung berenang menikmati keindahan bawah lautnya yang sangat jelas terlihat.

Para pengunjung yang datang ke pantai ini tidak hanya wisatawan lokal saja, tetapi juga wisatawan dari mancanegara. Lokasi wisata ini merupakan surganya bagi para penyelam dan juga snorkeling. Tetapi bagi anda yang tidak sedang ingin berenang atau menyelam, anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang dapat anda beli disekitar pantai. Selain itu, anda juga dapat berkeliling kawasan pantai dengan menggunakan sepeda motor yang dapat anda sewa dengan harga sewa sekitar 65.000 rupiah perhari.

8.Wisata Danau Tempe

Wisata Danau Tempe

Lokasi wisata Danau Tempe berada di bagian sebelah barat Kabupaten Wajo, danau ini merupakan sebuah lokasi penghasil ikan air tawar paling besar di dunia. Maka tak heran jika di atas danau terdapat banyak sekali rumah yang terapung dengan jala yang dipergunakan untuk menangkap ikan. Kegiatan yang menarik dilokasi wisata ini yaitu memancing dengan berkeliling menggunakan perahu nelayan yang dapat disewa di sekitar danau. Jika anda akan berlibur ke Danau Tempe, sebaiknya anda tidak lupa untuk membawa perlengkapan memancing dari rumah.

9.Wisata Pemandian Air Panas Lejja

Wisata Pemandian Air Panas Lejja

Jika anda mencari lokasi pemandian air panas, disinilah tempatnya. Lokasi pemandian air panas Lejja berada di kawasan hutan lindung yang terletak di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Selain menikmati mandi air panas, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam yang dapat membuat anda merasa lebih rileks dan tenang. Selain itu, dilokasi pemandian juga terdapat gazebo yang dapat anda sewa dengan harga sewa sekitar 50.000 selama 2 jam.

Sumber air panas yang ada di kolam pemandian ini berasal dari alam, sehingga dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Sedangkan untuk tiket masuk ke lokasi pemandian dikenakan tarif sekitar 5.000 rupiah untuk dewasa dan 3.500 rupiah untuk anak-anak.

10.Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Sebelum pulang, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas Makasar untuk sanak saudara di kota asal. Lokasi wisata belanja yang terkenal di Makasar tidak jauh dari lokasi wisata pantai Losari dan juga Benteng Rotterdam. Berbagai oleh-oleh khas makasar dapat ditemukan disini, mulai dari makanan khas, souvenir, kerajinan tangan hingga minyak gosok cap tawon yang merupakan minyak gosok khas makasar yang paling di buru oleh para wisatawan karena memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Pasar jalan Somba Opu dibuka dari pagi hingga malam hari, pasar ini tidak pernah sepi dari para wisatawan terutama pada hari libur.

Nah, demikianlah 10 tempat wisata di makasar yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan selamat berlibur.

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Dikunjungi yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.