10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Jambi Yang Wajib dikunjungi – Jambi merupakan sebuah nama provinsi yang juga sama dengan nama ibu kotanya, pulau jambi ini berada di pesisir sebelah timur kepulauan Sumatera. Provinsi Jambi sangat terkenal akan nilai sejarah yang pada saat itu merupakan sebuah wilayah yang dikuasai oleh sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Sriwijaya, salah satu peninggalan yang dapat anda jumpai disini yaitu sebuah bangunan Candi besar.

Selain memiliki nilai sejarah, ternyata di jambi juga terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tempat liburan yaitu 10 tempat wisata di jambi yang wajib dikunjungi.

Penasaran tempat wisata apa sajakah itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Tempat Wisata Candi Muaro Jambi

 Tempat Wisata Candi Muaro Jambi

Wisata Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks Candi umat Buddha yang merupakan sisa peninggalan kerajaan Sriwijaya dan juga Bangsa Melayu. Lokasi keberadaan tempat wisata sejarah ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Kompleks Candi ini merupakan sebuah kompleks candi terluas yang ada di Indonesia, kemudian pada tahun 2009 bangunan candi ini ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Candi Muaro Jambi pertama kali ditemukan oleh seorang letnan dari Inggris yang bernama S.C Crooke sekitar pada tahun 1820, kemudian sekitar pada tahun 1975 candi ini dipugar oleh pemerintah Indonesia dan hingga saat ini masih terdapat 61 buah candi yang masih terkubur di dalam tanah. Selain itu, dikawasan candi juga ditemukan peralatan rumah tangga yang kemungkinan dulunya pernah dipergunakan oleh para biksu dan juga terdapat keramik cina yang berasal dari Dinasti Song. Hal ini semakin memperkuat yang menandakan jika adanya hubungan kerjasama internasional antara bangsa Cina dengan kerajaan Sriwijaya.

2.  Wisata Tanggo Rajo

Wisata Tanggo Rajo

Wisata Tanggo Rajo merupakan sebuah tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, disini para pengunjung dapat menikmati keindahan sebuah sungai Batang yang terkenal dengan prediat sungat terpanjang di Pulau Sumatera.
Sambil menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, pengunjung juga dapat sambil menikmati kuliner yang anda temukan di warung-warung tenda disekitar kawasan sungai. Selain itu, momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan disini yaitu menyaksikan fenomena terbenamnya matahari disore hari yang sangat indah.
Bagi anda yang hobi memancing, pada setiap akhir pekan kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para pemancing dari berbagai daerah, sebaiknya anda tidak lupa untuk membawa perlengkapan memancing.

3.Kawasan Monas Jambi

Kawasan Monas Jambi

Monas Jambi merupakan sebuah Monumen Nasional yang sama halnya dengan Monumen Nasional yang ada di Ibu kota Jakarta, bahkan bentuknya pun hampir mirip dengan Monas Jakarta. Bedanya jika Monas Jambi memiliki ukuran yang lebih kecil, memiliki jam dinding di setiap sisinya dan terdapat empat buah ukiran yang berbentuk angsa yang berada di bawah Monumennya. Lokasinya terletak di bundaran kompleks pusat pemerintahan kota jambi.

4.Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Kawasan wisata ini merupakan sebuah taman yang menyuguhkan berbagai sarana seperti taman rekreasi , olahraga dan juga kawasan wisata budaya yang dapat menambah pengetahuan. Kawasan wisata ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Taman Mini dan juga Taman Rimba.

Di Taman Mini para pengunjung dapat menjumpai berbagai miniatur budaya yang berkaitan dengan provinsi Jambi seperti rumah adat, pakaian adat, peralatan rumah tangga dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk Taman Rimba para pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis satwa seperti hal nya sebuah kebun binatang pada umumnya, taman wisata ini menjadi sebuah tempat wisata yang menjadi kebanggaan warga Jambi. Lokasi yang paling menarik di Taman Rimba ini yaitu adanya sebuah sangkar burung yang berbentuk setengah lingkaran kaca yang berukuran sangat besar dan terdapat berbagai spesies burung mulai dari jenis burung kasuari hingga jenis burung bangau.

Kawasan wisata ini berada di atas lahan seluas 18 hektar yang lokasinya terletak di Jalan Sunaryo, jika dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin menuju kesini hanya berjarak sekitar 500 meter saja.

5.Wisata Kolam Renang Tepian Rajo

Wisata Kolam Renang Tepian Rajo

Jika anda dan keluarga ingin berwisata air, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Kolam Renang Tepian Rajo yang berlokasi di Jalan Kapt. Sujono, Kecamatan Kota Baru yang berjarak sekitar 6 km dari kota Jambi. Kolam renang disini merupakan sebuah wisata kolam renang yang berstandar internasional, kolam renangnya pun terbagi menjadi beberapa bagian seperti kolam renang dewasa dan juga anak-anak. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pada saat libur sekolah dan akhir pekan.

6.Wisata Danau Sipin

Wisata Danau Sipin

Danau Sipin merupakan sebuah tempat wisata yang sangat popular dan warga setempat lebih mengenal lokasi wisata ini dengan sebutan Solok Sipin. Kawasan wisata Danau ini berlokasi di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Jambi.
Selain tempat wisata, danau ini juga oleh warga setempay dijadikan sebagai tempat membudidayakan jenis ikan air tawar seperti jenis ikan Nila dan Mujair. Selain melihat lokasi budidaya ikan air tawar, pengunjung juga dapat melihat aktifitas para nelayan yang sedang mencari ikan dari jarak dekat dengan menyewa sebuah perahu untuk berkeliling. Setelah anda merasa puas berkeliling danau dan anda merasa lapar, sebaiknya anda mampir untuk menikmati berbagai jenis kuliner yang dijual di warung-warung makan yang dapat anda jumpai disekitar danau.

7.Wisata Taman Anggrek Sri Soedewi

Wisata Taman Anggrek Sri Soedewi

Lokasi Taman Anggrek ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani yang tepatnya berada di depan kantor Gubernur kota Jambi. Di kawasan taman ini para pengunjung dapat menikmati berada di taman yang sangat sejuk dan indah, disini juga pengunjung dapat belajr bagaimana cara merawat tanaman Anggrek yang baik dan benar sesuai dengan jenis Tanaman Anggrek itu sendiri.
Taman Anggrek ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta tanaman anggrek baim dari luar atau dalam kota, ditaman ini setidaknya ada sekitar 60 jenis tanaman anggrek yang luas tamannya sendiri sekitar 2,5 hektar. Untuk dapat menyaksikan secara langsung berbagai jenis tanaman anggrek di taman ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar 2.500 rupiah untuk dewasa dan 1.500 untuk anak-anak. Setelah anda puas berkeliling dan mempelajari bagaimana cara merawat Tanaman ini, anda akan diberi bibit secara gratis oleh pengelola sehingga anda dapat langsung mempraktekannya dirumah.

8.Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi

Jika anda ingin mengenal dan belajar lebih jauh mengenai budaya dan sejarah kota Jambi, maka sebaiknya anda berkunjung ke sebuah museum yang ada di Jalan Urip Sumoharjo No. 1, Jambi. Bentuk dari bangunan museum ini juga di bangun dengan menyerupai sebuah bangunan Rumah Kajang Lako yang salah satu rumah adat di Jambi, di dalam museum anda dapat melihat berbagai jenis benda yang memiliki nilai budaya dan sejarah provinsi Jambi seperti perlengkapan berburu, batik tenun, kerajinan tangan anyaman khas Jambi dan juga koleksi aneka jenis binatang yang telah di awetkan. Jika anda ingin berkunjung ke Museum Negeri Jambi, sebaiknya anda mengetahui jadwalnya dulu karena museum ini tidak dibuka setiap hari. Museum Negeri Jambi di buka pada hari Senin sampai dengan hari Kamis dari jam 08.00 sampai dengan 15.00, hari Jumat di buka dari jam 07.15 sampi dengan 11.00, sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional museum ini di tutup. Bagi para pengunjung di kenakan biaya sekitar 3.000 rupiah untuk dewasa dan 1.000 rupiah untuk anak-anak.

9.Masjid Agung Al Falah

Masjid Agung Al Falah

Masjid Agung Al Falah atau lebih dikenal oleh masyarakat seitar dengan nama Masjid Seribu Tiang, masjid ini memiliki bangunan yang sangat unik dan menjadi kebanggaan masyarakat Jambi. Masjid ini memiliki banyak tiang yang menyangga bangunan masjid, karena masjid ini tidak memiliki dinding, pintu dan juga jendela, sehingga sirkulasi udara di dalam masjid sangat lancar. Julukan masjid ini sebenarnya tidak sesuai dengan namanya Masjid Seribu Tiang, karena tepatnya jumlah tiang seluruhnya hanya berjumlah 256 tiang saja, mungkin karena saking banyaknya masyarakat sekitar menamainya seperti itu.

Pembangunan masjid ini memakan waktu selama Sembilan tahun mulai dari tahun 1971 hingga 1980, masjid ini sangat luas dan mampu menampung jamaah sebanyak 10.00 jamaah. Lokasi dari Masjid Agung Al Falah ini terletak di Jalan Sultan Thaha No. 60, Legok, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

10.Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang

Bagi anda para pecinta keramik dan suka mengkoleksi keramik, maka pasar Sitimang wajib anda kunjungi untuk melihat-lihat berbagai jenis keramik yang berkualitas baik yang sudah terkenal sejak tahun 1980 an. Keramik yang dijual di pasar Sitimang ini didatangkan langsung dari negeri Cina, sehingga jenis dan motifnya jarang anda temui di tempat-tempat lain. Keramik yang dijual disini memiliki bentuk yang beragam mulai dari bentuk toples, guci, peralatan rumah tangga, hiasan rumah dan masih banyak lagi yang lainnya. lokasi Pasar Keramik Sitimang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Jambi.

Nah, itulah 10 tempat wisata di jambi yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan menambah pengetahuan anda semua tentang tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Selamat berlibur dan sampai jumpa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *