10 Tempat Wisata Di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi sebagai referensi anda yang ingin berlibur ke kota ini. Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian barat daya pulau sumatera, Bengkulu juga identik dengan keberadaan bunga langka yang bernama Rafflesia Arnoldi atau lebih dikenal dengan nama Bunga Bangkai, bunga ini merupakan jenis bunga yang berukuran raksasa yang berwarna merah. Bunga ini memang memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik dan indah, namun banyak orang yang tidak menyukai bau dari bunga ini karena bau nya sangat tidak enak.

Selain terkenal dengan jenis bunga endemiknya, ternyata Bengkulu pun terkenal dengan nilai sejarahnya. Pada masa kekuasaan Inggris, provinsi ini menjadi salah satu kawasan penting yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan juga perdagangan di kawasan daratan Sumatera. Hingga saat ini, sisa-sisa peninggalan sejarah masih dapat anda jumpai di provinsi Bengkulu dan disini juga pernah dijadikan sebuah tempat untuk mengasingkan Bung Karno oleh penjajah Belanda agar perjuangannya untuk memerdekakan Bangsa Indonesia tidak dilanjutkan.

Tetapi saat ini, provinsi Bengkulu sudah menjadi sebuah tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan, disini banyak sekali obyek-obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan informasi kepada anda semua mengenai tempat wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi.

Apa sajakah itu, simak informasi lengkapnya berikut ini.

  1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan sebuah bangunan yang menandakan bahwa Negara Inggris pernah menjajah disini dan benteng ini dulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1713 dan selesai pada tahun 1719, benteng ini terkenal dan menjadi benteng kedua terkuat setelah Benteng St. George yang terletak di india yang pernah dimiliki oleh bangsa Inggris. Benteng Marlborough memiliki luas sekitar 240 x 170 meter, bentuk bagian kepala kura-kuranya terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pada bagian badannya.

Tidak hanya digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa itu, tetapi tempat ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan memperdagangkan hasil rempah-rempah di kawasan Timur Indonesia. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengenal sejarah Bengkulu, karena di dalam benteng terdapat banyak tempat dan barang-barang bersejarah pada masa itu seperti ruang tahanan, meriam, ruang perlindungan, kantor pemerintahan, gudang persenjataan dan juga terdapat sebuah terowongan yang berukuran sekitar 6 x 2 meter.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Pada masa perjuangan kemerdekaan Bung Karno pernah di asingkan dirumah yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Gading Cempaka. Bung Karno tinggal di sebuah rumah yang berukuran 9 x 18 meter selama 4 tahun dari tahun 1938 – 1942. Pada bagian arsitekturnya terlihat jika rumah ini dulunya merupakan sebuah rumah milik seorang pedagang dari Cina, karena dari bagian arsitektur rumahnya terdapat sebuah lubang angin dan juga ornamen yang digunakannya pun merupakan sebuah ciri khas dari bangsa Tionghoa.

Sekarang ini rumah ini sudah menjadi sebuah obyek wisata sejarah yang selalu ramai dikunjungi pada hari libur, para pengunjung dapat melihat berbagai barang-barang bersejarah seperti koleksi buku Bung Karno, mesin jahit, meja, kursi, tempat tidur, sepeda dan bahkan terdapat surat cinta yang di tulis Bung Karno dengan Fatmawati dulu. Salah satu lokasi yang menarik untuk di kunjungi di tempat ini yaitu sebuah sumur tua yang terletak di belakang rumah, air yang ada di sumur tersebut di percaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. untuk dapat masuk dan melihat-lihat isi dalam rumah ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 2.500 rupiah saja.

  1. Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu

Pada masa diasingkannnya, Bung Karno tidak hanya sibuk dengan urusan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan membaca koleksi buku-bukunya, tetapi Bung karno bersama dengan warga setempat membangun kembali masjid tua yang berada di ujung Jalan Soeprapto yang lokasinya pun tepat berada di pun tepat berada di pusat Kota Bengkulu. Hasil karya dari Bung Karno ini dapat dilihat dari bagian atap masjidnya yang berbentuk limas dan menyimbolkan sebuah persatuan budaya di Bengkulu dan juga di Indonesia. Selain itu, keunikan masjid ini juga terlihat pada beberapa bagian tiang yang memiliki ukiran unik yang berwarna emas. Masjid ini pun menjadi salah satu daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

  1. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu

Untuk lebih mengenal sejarah di Kota Bengkulu, anda juga dapat berkunjung ke sebuah museum yang bernama Museum Negeri Bengkulu. Museum ini terletak di Jalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Bengkulu. Di museum ini, para pengunjung dapat melihat berbagai benda-benda yang memiliki nilai sejarah dan dari keseluruhan benda-benda yang ada di museum ini terbagi menjadi 10 kategori. Dari sekian banyak koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum ini, mesin pencetak uang yang paling banyak mendapatkan perhatian dari para pengunjung. Selain itu, beberapa koleksi lain yang tidak kalah menarik untuk di ketahui yaitu 126 buah naskah kuno anonim, miniatur rumah adat, peralatan rumah tangga kuno, pakaian adat, berbagai jenis senjata tradisional, kain khas Bengkulu yang lebih dikenal dengan nama kain Bersurek dan masih banyak lagi koleksi benda-benda bersejarah lainnya.

  1. Wisata Pantai Pasir Panjang

Wisata Pantai Pasir Panjang

Setelah anda berkeliling mengenal dan mempelajari nilai sejarah yang ada di Bengkulu, anda dapat menuju ke kawasan wisata pantai yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Di pantai ini dapat anda jadikan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat dan lelah setelah berkeliling, untuk menuju ke pantai ini hanya memerlukan perjalanan selama 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 15 menit dari pusat kota Bengkulu. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia yang memiliki panjang sekitar 7 km. Selain itu, panti ini memilili garis pasang surut sekitar 500 meter, karena pantai ini tidak memiliki batu karang yang menghalangi ombak. Keunikan lain pantai pasir panjang ini yaitu tidak adanya pohon kelapa yang pada umumnya sering kita jumpai di pantai-pantai lain yang ada di Indonesia, namun keindahan dari pohon kelapa terasa tergantikan dengan adanya deretan pohon cemara dan juga pinus yang ada di sekitar pantai.

Di pantai ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap dan menarik seperti tempat untuk bermain anak-anak, naik perahu, restoran, penginapan dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya. Selain itu, fenomena keindahan alam pada saat tenggelamnya matahari di sore hari merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi merupakan salah satu pantai yang paling populer di Bengkulu, sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi pantai ini tidak jauh dari lokasi Benteng Marlborough hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Di lokasi pantai ini sangat cocok untuk menikmati keindahan fenomena tenggelamnya matahari di sore hari, sehingga banyak para wisatawan yang menunggu momen ini sambil menikmati jagung bakar yang penjualnya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar pantai. Selain jagung bakar, anda juga dapat menikmati jajanan lain seperti pisang bakar, es kelapa muda dan masih banyak lagi kuliner lainnya.

Selain itu, dikawasan pantai ini juga sering diadakan acara Festival Tabot untuk memperingati hari wafatnya Husein bin Ali bin Abu Thalib. Pada saat diselenggarakannya acara Festival ini, anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan juga acara perlombaan yang menjadikan suasana menjadi semakin ramai.

  1. Wisata Danau Dendam Tak Sudah

Wisata Danau Dendam Tak Sudah

Pastinya anda semua merasa aneh dengan nama danau ini. Nama danau ini diambil dari sebuah cerita rakyat yang mengisahkan sepasang kekasih yang hubungannya tidak direstui oleh masing-masing keluarga, lalu pasangan kekasih tersebut nekat untuk menenggelamkan diri dan walaupun setelah peristiwa itu hubungan kedua keluarga tersebut semakin memburuk. Maka masyarakat sekitar menamakan danau ini sengan nama Danau Dendam Tak Sudah.

Walaupun memiliki kisah yang sangat tragis namun cerita tersebut tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk mengunjungi danau ini. Hal ini dikarenakan, pemandangan alam yang ada di kawasan danau ini sangat indah dan lokasi ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di kawasan danau juga para pengunjung dapat menjumpai sebuah tanaman anggrek langka yang bernama Anggrek Pensil. Bagi anda yang ingin menikmati aneka kuliner khas Bengkulu, di kawasan danau banyak para pedagang yang menjual aneka kuliner dan anda dapat mencicipinya sambil menikmati keindahan danau.

Lokasi Danau Dendam Tak Sudah berada di kota Curup, Bengkulu Utara. Untuk menuju kelokasi wisata ini, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat kota Bengkulu.

  1. Wisata Danau Mas Harun Bastari

Wisata Danau Mas Harun Bastari

Danau ini merupakan sebuah danau yang sangat unik dan memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona, terutama pada bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang bentuknya menyerupai hurup C dan huruf tersebut banyak yang menganggap melambangkan nama kota Curup. Di kawasan danau juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, tempat bermain anak, rumah makan dan juga toko souvenir untuk membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang. Selain itu, di kawasan danau juga terdapat berbagai wahana permainan yang dapat anda coba seperti flying fox, naik perahu, sepeda air dan masih banyak lagi wahana permainan lainnya. Lokasi wisata Danau Mas Harun Bastari terletak di kecamatan Selupu Rejang, kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

  1. Wisata Pulau Tikus

Wisata Pulau Tikus

Di pulau ini para pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis penyu hijau dan juga penyu sisik yang sedang bertelur, momen ini hanya dapat anda saksikan di malam hari. Namun jika anda tidak sempat untuk menyaksikan sekumpulan penyu, anda dapat menikmati berbagai kegiatan yang menarik dan menjadi kegiatan populer di kawasan danau seperti menyelam, snorkeling dan juga kegiatan memancing. Pulau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Bengkulu.

  1. Wisata Sungai Air Berau

Wisata Sungai Air Berau

Sungai Air Berau merupakan sebuah lokasi yang sangat populer untuk dijadikan sebagai lokasi arung jeram, karena arus sungai ini sangat deras dan dapat memacu adrenalin para pecinta arung jeram. Namun jika anda merasa takut, anda dapat melakukan kegiatan lain yang tidak kalah menarik dan menyenangkan seperti memancing dan juga menangkap ikan disekitar sungai. Lokasi Sungai Air Berau terletak di kabupaten Muka-Muko, Bengkulu.

Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Bengkulu?

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 tempat wisata di bengkulu yang wajib dikunjungi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *