10 Oleh Oleh Khas Medan Yang Paling Populer

Kota medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia selain kota Jakarta, Bandung dan Surabaya. Selain terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, kota medan juga memiliki banyak tempat wisata kuliner dan belanja yang wajib untuk anda kunjungi setelah puas menikmati tempat wisata yang anda kunjungi.

Berkunjung ke pusat oleh-oleh khas kota Medan dapat menjadi pilihan yang tepat dan tentunya sangat menyenangkan. Lalu, oleh-oleh apa saja yang terkenal yang ada di kota medan?

Berikut 10 oleh-oleh khas medan yang paling terkenal, diantaranya yaitu:

1.Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Apakah anda penikmat kopi? Jika ya, anda patut mencoba Kopi Sidikalang dan membelinya untuk oleh-oleh. Kopi Sidikalang terkenal aromanya yang sangat harum dan merupakan pesaingnya bagi kopi Brazil yang sangat popular di dunia. Kopi ini merupakan rajanya kopi Sumatera dan memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi dan juga kuat.

Nama sidikalang diambil dari nama sebuah gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.472 mdpl, di pegunungan ini terdapat banyak sekali perkebunan kopi yang menghasilkan kualitas kopi terbaik. Jika anda ingin membeli oleh-oleh kopi Sidikalang ini, anda tidak perlu pergi kegunung Sidikalang karena di pusat oleh-oleh di sekitar kota medan juga dapat anda temukan dengan mudah baik yang berbentuk biji ataupun yang sudah menjadi bubuk kopi yang sudah di kemas dengan berbagai ukuran.

2.Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Desa Sihobuk, rasanya yang manis dan gurih menjadikan kacang ini digemari banyak orang terutama dengan tekstur kacangnya yang garing dan renyah dapat membuat anda tidak akan pernah ingin berhenti untuk mengunyahnya. Untuk proses pemasakannya, kacang ini dimasak dengan menggunakan pasir sehingga cita rasa yang dihasilkannya pun sangat khas. Kacang Sihobuk banyak di jual di pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Medan dengan berbagai ukuran.

3.Manisan Jambu

Manisan Jambu

Oleh-oleh khas medan selanjutnya yaitu manisan jambu, buah jambu yang digunakan yaitu jenis jambu Bangkok yang memiliki ukuran sangat besar. Manisan ini sangat baik untuk meningkatkan Trombosit, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita demam berdarah. Untuk mendapatkan oleh-oleh manisan jambu ini, anda dapat membelinya di salah satu toko yang sudah sangat terkenal yang bernama Toko Aguan yang berlokasi di Jalan Kruing 3D.

4.Pancake Durian

Pancake Durian

Pancake durian ini berbeda dengan jenis pancake pada umumnya yang berbentuk bulat seperti serabi, pancake durian memiliki bentuk seperti dadar gulung yang kulitnya dibuat dari bahan adonan tepung dan diisi dengan daging buah durian yang sangat lembut. Untuk varian rasanya terdiri dari beberapa varian seperti pandan, cokelat, mocca, original dan masih banyak lagi varian rasa yang lainnya. Salah satu tempat favorit yang menjual pancake durian ini yaitu Durian House yang lokasinya terletak di Jalan Sekip No. 67, Medan.

5.Bika Ambon

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan salah satu jenis jajanan yang wajib anda beli untuk oleh-oleh, jajanan ini terbuat dari tepung tapioca, gula, telur, santan dan juga air nira. Bika ambon ini terkenal sangat lezat dan nikmat dengan teksturnya yang berserat dan juga rasanya yang legit membuat jajanan ini disukai banyak orang. Bika Ambon banyak di jual di beberapa pusat oleh-oleh yang salah satu toko paling popular yaitu Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF. Bika Ambon yang dibuat oleh Ibu Zulaikha ini dapat bertahan cukup lama sekitar empat hari, sehingga sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh.

6.Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa

Udara di kota Medan terkenal cukup panas, terutama pada siang hari. Maka tak heran jika para penjual minuman dingin yang segar sangat laris dan selalu dicari banyak orang. Salah satu minuman yang popular yaitu sirup buah markisa, minuman dingin ini juga dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk anda bawa pulang. Produk sirup buah markisa merupakan salah satu produk unggulan Brasragi, karena sirup ini kaya akan kandungan Vitamin C dan juga antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat dengan mudah menemukan sirup buah markisa ini karena banyak tersedia di toko-toko yang tersebar di kota Medan.

7.Teri Medan

teri medan

Tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Medan, tetapi belum pernah mencicipi teri medan. Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil, tetapi teri ini sangat disukai warga medan terutama jika dimasak dengan sambal kacang. Selain dijual teri yang sudah siap konsumsi, ternyata teri medan juga ada yang dijual dalam keadaan masih mentah dan dijual dengan berbagai ukuran dengan harga bervariasi mulai dari 70.000 sampai dengan 80.000 setiap bungkusnya. Jika anda ingin membelinya, anda dapat berkunjung ke salah satu toko yang terletak di Jalan Majapahit dan sekitarnya.

8.Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu yang bertekstur lembut dan rasanya yang sangat legit ini wajib anda beli dan jadikan sebagai oleh-oleh sepulangnya dari kota Medan. Untuk rasanya, bolu meranti memiliki beberapa varian rasa seperti kacang, blueberry, strawberry, mocca, keju dan juga nanas. Sedangkan untuk ketahannya, bolu ini dapat bertahan selama tiga hari di luar lemari es. Selain Bolu Meranti, disini juga tersedia aneka jenis jajanan lain yang tidak kalah larisnya seperti kue sus, lapis legit dan juga kue brownies berbagai rasa.

Untuk tokonya sendiri, Bolu Meranti memiliki 2 toko yang lokasinya terletak di Jalan Sisingamangaraja No. 19B dan juga di Jalan Kruing 2k, Medan.

9.Durian Ucok

Durian Ucok

Selain Pancake Durian, di kota Medan juga terdapat sebuah kedai yang diberi nama Kedai Bang Ucok atau Durian Ucok. Di kedai ini para pengunjung dapat menikmati buah durian yang masih sangat segar, walaupun kedai ini tidak pernah sepi namun stok duriannya tidak pernah habis. Untuk anda yang pulang dengan menggunakan pesawat terbang, anda tidak perlu takut untuk membeli durian ini sebagai oleh-oleh. Karena durian akan di kemas sedemikian rupa dengan di lapisi daun pandan dan juga daun kopi agar aroma durian dapat tersamarkan, sehingga anda tidak perlu takut bawaan anda akan ditahan di bandara karena aroma durian yang sangat menyengat.

10.Kain Ulos

Kain Ulos

Selain makanan, jenis oleh-oleh wajib untuk anda jadikan oleh-oleh yaitu kain Ulos. Kain Ulos yaitu jenis kain yang sekaligus menjadi jenis kain kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara. kain ini biasa digunakan pada saat proses ritual seperti acara pernikahan, penyambutan tamu dan juga acara duka pemakaman.

Kain Ulos berbentuk seperti sebuah selendang yang panjang yang digunakan dengan cara di selendangkan atau dijadikan sebagai ikat kepala. Untuk harganya terbilang cukup mahal, karena menyesuaikan dengan proses pembuatannya yang sangat rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk varian warnanya, biasanya kain Ulos memiliki beberaqpa varian warna seperti merah, putih dan hitam. Salah satu tempat yang menjual Kain Ulos ini yaitu Pajak Central yang lokasinya terletak di Jalan MT. Haryono.

Itulah 10 oleh-oleh khas medan yang paling terkenal, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Demikian ulasan mengenai 10 Oleh Oleh Khas Medan Yang Paling Populer yang dapat sobat baca dan simak di Wisata Kita! Semoga dengan adanya informasi bermanfaat. Selalu kunjungi blog Wisata Kita untuk mendapakan Menyediakan kumpulan informasi tentang objek tempat wisata secara lengkap.