10 Oleh Oleh Khas Malang Yang Paling Populer

Malang merupakan salah satu kota yang memiliki sejumlah tempat wisata yang memukai dan menarik. Berlibur untuk menghabiskan akhir pekan memang terasa lebih menyengkan jika dihabiskan bersama keluarga. Berwisata memang menyenangkan tapi sedih rasanya jika waktu libur hampir usai, saatnya untuk kembali pulang dan beraktifitas. Tapi satu hal yang tak boleh terlewatkan saat meninggalkan kota tujuan wisata yaitu membawa buah tangan atau oleh-oleh.

Nah bagi anda yang bingung mencari oleh-oleh malang, berikut ini merupakan 10 oleh-oleh khas malang yang paling terkenal cekidot :

1.Apel Malang

Apel Malang

Buah apel merupakan buah yang identik dikota malang, maka tak heran jika buah yang satu ini selalu menjadi buruan wisatawan untuk di jadikan sebagai oleh-oleh. Malang memiliki 2 jenis apel yang terkenal yaitu apel manalagi dan apel ana, apel manalagi memiliki ciri fisik buah bulat berwarna hijau dengan rasa yang manis dan segar. Sedangkan apel ana secara fisik berbentuk sedikit lonjong warna semburat merah dengan rasa apel yang lebih asam. Buah apel dapat dengan mudah di temukan dan menjadi kemudahan untuk membeli seperti di kawasan agrowisata, pasar dan di pedagang pinggir jalan.

2.Sari Apel

Sari Apel

Selain dapat membeli buah apel dalam bentuk untuh, pengunjung juga dapat membeli buah apel ini dalam bentuk lain seperti sari buah. Sari apel sendiri terbuat dari buah apel segar pilihan yang telah melalui uji kehigienis. Sari apel ini biasa terbuat dari apel romebeuty dan apel manalagi. Disini pengunjung dapat dengan mudah menemukan sari apel karena banyak dijual di pusat oleh-oleh serat kawasan agrowisata.

3.Aneka Pastry Buah di Malang Strudel

Aneka Pastry Buah di Malang Strudel

Bagi anda pecinta kue atau pastry jangan lupa untuk datang ke jalan Ardimulyo no 14, Singosari. Disini tersedia berbagai jenis kue berlapis dengan varian isi buah. Tempat oleh oleh tersebut terbilang baru karena resmi di buka pada tahun 2014, namun kudapan yang satu ini mulai banyak di sukai. Selain strudel isi apel terdapat juga varian isi buah lainnya seperti banana, pineple, strrowbery dan mix fruit.

4.Aneka Keripik Buah

Aneka Keripik Buah

Malang termasuk salah satu kota yang memiliki tanah subur, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat budidaya berbagai jenis buah. Tak hanya diolah menja sari buah, jus ataupun olehan lainnya. ternyata hasil buah yang melimpah setiap musimnya membuat warga sekitar tak kehabisan akal untuk mengolah beraneka buah tersebut menjadi cemilan yang renyak dan enak, saah satunya dengan diolah menjadi keripik dengan bahan dasar buah. Berbagai jenis buah dapat di jadikan sebagai keripik yang renyah dan garing seperti apel, nangka, rambutan, semangka, lengkeng dan salak. Aneka keripik buah tersebut dapat dengan mudah di temukan seperti di pusat oleh-oleh sekitar malang.

5.Keripik Tempe

Keripik Tempe

Olahan garing yang tak kalah terkenalnya yaitu keripik tempe. Selain terkenal sebagai penghasil buah apel malang juga terkenal sebagai penghasil tempe. Di kota malang anda bisa dengan mudah menemukan keripik tempe yang tersebar luas dikawasan ini. Namun jika ingin mersakan pengalamn berbeda membeli keri[ik tempe, maka anda dapat datang ke kampung Sanan yang berada di kecamatan Belimbing. Kampung sanan merupakan daerah yang di kenal sebagai sentral penghasil keripik tempe terkenal di Malang. Maka tak heran jika hampir semua warga disini bergelut pada bidang usaha tempe mulai dari pengiris tempe, pemasok tempe bahkan sampai pembungkus keripik tempe. Terdapat banyak pilihan rasa yang sesuai keinginan pembeli seperti rasa keju, pizza, bbq, jangung manis dll.

6.Keripik Ceker

Keripik Ceker

Selain keripik tempe dan buah, ternyata kota malang masing memiliki olahan keripik yang tak kalah garing dan istimewanya yaitu keripik ceker. Ternyata warga malang mampu mencipkatakan lapang usaha baru, hal ini terbukti dari banyak industry rumahan yang berada disini. Ceker yang mungkin bagi sebagian orang di pandang sebelah mata, namun berbeda halnya dengan warga malang yang mampu menyulap ceker menjadi kudapan renyak, garing dan enak. Keripik ceker di kemas dalam beberapa ukuran yang dapat diperoleh di pusat oleh-oleh kawasan Malang.

7.Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo

Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo

Selain dapat menikmati berbagai olahan dari telo atau lebih dikenal dengan sebutan ubi di tempat ini secara langsung, pengunjung juga dapat membawa pulang olan telo tersebut sebagai oleh-oleh. Telo yang digunakan disini adalah telo ungu, kemudian dioleh menjadi berbagai kudapatan nikmat. Produksi olahan dari telo seperti es krim, keripik, pizza, bakpao sampai nugget dapat anda bawa pulang sebagai oleh oleh sebelum meninggalkan kota malang. Aneka olahan telo ini berlokasi di jalan Raya Purwodadi no. 1, disini juga dilengkapi dengan fasiltas wifi gratis.

8.Pia Mangkok

Pia Mangkok

Pia mangkok ini berada di jalan Semeru 25, merupakan kudapan yang dapat di jadikan sebagai oleh oleh dengan berbagai varian pilihan rasa seperti rasa keju, durian, kacang hijau dan cokelat. Pia mangkok ini dapat bertahan lama sampai 2 minggu dari proses produksi, jadi sangat cocok untuk di jadikan sebagai buah tangan yang nikmat.

9.Frozen Bakso

Frozen Bakso

Menikmati bakso secara langsung di kota asalnya memang menjadi pengalaman yang berbeda . salah satu kuliner yang terkenal adalah bakso malang, selain dapat di nikmati secara langsung kini bakso tersebut dapat di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Frozen bakso merupakan bakso yang bekukan, sehingga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk menghindari kerinduan dikota Malang. Bakso president merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang menyediakan frozen bakso, berada dijalan Batanghari. Bakso ini dapat bertahan hingga hitungan bulan jika disimpan dalam lemari es. Selain itu juga disini juga menyediakan bumbu bakso untuk memudahkan anda meracik sendiri bakso khas malang.

10.Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Jika kebanyak oleh-oleh berupaka makanan, namun saat datang ke jalan MT Haryono XI anda akan menemukan deretan toko keramik dinoyo khas malang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh cantik. Terdapat sedikitnya 30 toko keramik yang menjual berbagai jenis keramik seperti pas bunga, piring, guci, asbak, mug dll.

Nah itulah, informasi mengenai 10 oleh-oleh khas malang yang paling terkenal. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda untuk memudahkan memilih oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *