10 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Paling Populer

Jika anda sedang berlibur ke Kota Yogyakarta, kurang lengkap rasanya jika anda tidak membawa oleh-oleh untuk di bawa pulang. Di kota jogja tidak hanya terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga terdapat tempat untuk berburu oleh-oleh pada saat anda akan pulang ke kota asal untuk kembali beraktivitas seperti biasa.
Bingung mau membeli oleh-oleh apa untuk di bawa pulang?

Berikut 10 oleh-oleh khas jogja yang paling terkenal, diantaranya yaitu :

1.Gudeg Jogja Kering

Gudeg Jogja Kering

Gudeg jogja memang sudah sangat terkenal ke berbagai pelosok di negeri ini, makanan ini merupakan makanan ciri khas jogja yang sangat di gemari banyak orang. Tetapi jika anda takut gudeg yang anda bawa basi sesampainya dirumah, membeli gudeg kering dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Gudeg asli dari jogja terdapat dua jenis yaitu gudeg kering dan juga gudeg basah. Perbedaan dari gudeg kering dan basah hanya pada proses memasaknya saja, gudeg kering harus dimasak lebih lama dan memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gudeg basah. Untuk ketahanannya sendiri, gudeg kering dapat bertahan hingga 3 hari, terlebih jika disimpan dalam lemari es akan dapat tahan hingga satu minggu.

Jika anda ingin membeli oleh-oleh gudeg kering, anda dapat menjumpai salah satu penjualnya yaitu Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Jalan Kaliurang 5, Yogyakarta. Di tempat ini anda dapat membali oleh-oleh untuk dibawa pulang sekaligus menikmatinya di rumah makan ini.

2.Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Jika anda ingin mencicipi cokelat yang lezat seperti cokelat Belgia, anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Belgia, karena di Yogyakarta juga terdapat sebuah memperoduksi cokelat dengan kualitas yang tidak kalah baiknya dengan cokelat di Belgia yaitu cokelat Monggo. Cokelat Monggo ini di hasilkan dari biji cokelat berkualitas sangat baik yang sengaja di datangkan langsung dari pulau Jawa, Sumatera dan juga Sulawesi. Kelezatan dari cokelat ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena pemilik dari pabrik cokelat ini merupakan seorang berkebangsaan Belgia dan ia paham dalam cara pembuatan cokelat khas dari negerinya sendiri.

Walaupun pemilik dari pabrik cokelat ini berkebangsan asing, tetapi pemiliknya tetap menerapkan unsur budaya jawa yang tampak terlihat dari namanya “Monggo” yang artinya “Silahkan”. Selain itu juga terlihat dari kemasannya yang terdapat sebuah gambar wayang dan kemasannya pun sangat ramah lingkungan, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai kemasan makanan. Lokasi tempat pembuatan Cokelat Monggo tersebut terletak di Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Selain anda dapat membeli cokelat untuk oleh-oleh, anda juga diperbolehkan untuk melihat langsung proses pembuatannya.

3.Bakpia

Bakpia

Bakpia merupakan salah satu makanan khas jogja yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan isian pada umumnya dari kacang hijau, kemudian proses pemasakannya dengan menggunakan cara di panggang hingga matang. Untuk isiannya cukup beragam mulai dari cokelat, durian, kumbu hitam, keju, nanas dan masih banyak varian rasa lainnya. bakpia dengan berbagai varian rasa ini dapat anda temukan dengan mudah di beberapa tempat seperti di Jalan Malioboro, di pasar Beringhardjo dan di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar kota Yogyakarta.

4.Yangko

Yangko

Yangko merupakan jenis makanan yang jika dilihat dari tekstur, rasa dan bahan dasarnya mirip dengan kue mocha, namun yang membedakannya dari tampilannya yang sangat menarik berbentuk kotak dan berwarna-warni. Untuk satu kotak kue yangko berisi 30 buah dan memiliki rasa yang beragam. Dari sekian banyak produsen yang memproduksi Yangko, Pak Prapto lah yang paling tersohor, jika anda ingin membeli kue Yangko Pak Prapto, anda dapat berkunjung ke tempat penjualannya yang terletak di Jalan Pramuka No. 82, Yogyakarta.

5.Geplak

Geplak

Gepla merupakan jenis makanan tradisonal yang sangat popular dan banyak di gemari para wisatawan yang berburu oleh-oleh, geplak ini terbuat dari irisan daging kelapa yang dimasak dengan ditambahkan campuran gula. Selain itu juga tersedia geplak dengan varian rasa dan juga varian warna yang menggoda.

6.Salak Pondoh

Salak Pondoh

Lokasi yang berada di sekitar kawasan Gunung Merapi memang memberikan berkah dan keuntungan tersendiri bagi para petani di Yogyakarta dan sekitarnya. Di beberapa lokasi seperti Sleman, Muntilan dan juga Magelang memang sangat terkenal memiliki tanah yang sangat subur, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lahan untuk membudidayakan buah salak pondoh. Salak Pondoh ini berbeda dengan jenis salak yang lainnya, salak pondoh memiliki daging yang lebih kering dan rasanya yang sangat manis menyegarkan. Jika anda sudah menobanya, maka dijamin tidak ingin berhenti. Jika anda ingin membelinya untuk di bawa pulang, anda dapat menjumpainya dengan mudah di kios-kios buah di sepanjang jalan kota.

7.Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Selain berburu oleh-oleh makanan khas jogja, anda juga dapat menjumpai berbagai jenis kerajinan tangan yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah seperti aneka kerajinan dari perak seperti perhiasan, aksesoris dan aneka hiasan rumah. Di kawasan Kotagede anda akan dapat menjumpai Centra kerajinan perak yang ada sejak pada zaman kerajaan mataram dulu.

8.Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan merupakan jenis oleh-oleh kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat, kerajinan tangan dari tanah lias ini sudah teruji kualitas dan ketahanannya. Jenis Gerabah tersebut tersedia dalam berbagai bentuk seperti guci, pas bunga, asbak, lampu hias, patung hewan dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, anda juga dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatannya dari awal sampai dengan menjadi barang unik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

9.Kain Batik

Kain Batik

Kain batik dari Yogyakarta memang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, bahkan banyak para wisatawan asing yang sengaja datang ke kota ini hanya untuk membeli kain batik untuk di bawa ke negaranya. Batik-batik yang ada di sini tidak hanya dalam bentuk kain atau pakaian, tetapi juga dalam bentuk tas, syal, sandal dan juga masih banyak bentuk menarik lainnya. Beberapa lokasi yang terkenal untuk berburu batik diantaranya yaitu pasar Beringhardjo, Jalan Malioboro dan Desa Kerebet.

10.Kaos Dagadu

Kaos Dagadu

Oleh-oleh menarik yang terakhir yaitu kaos Dagadu. Kaos ini memang sepintas terlihat tidak ada yang menarik sama halnya dengan kaos pada umumnya yang banyak beredar di pasaran, tetapi jika dilihat dengan teliti terdapat sebuah tulisan plesetan yang dijamin dapat membuat anda tertawa jika membacanya. Kaos Dagadu memiliki logo berbentuk sebuah mata, jika anda tidak tertipu dengan membeli kaso Dagadu abal-abal, sebaiknya anda membeli di tiga kios yang terletak di Mall Malioboro, Ambarukmo Mall dan di Pakuningratan yang merupakan lokasi pembuatan Kaos Dagadu asli.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas jogja yang paling terkenal hingga sekarang. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan selamat berbelanja…

One Response to “10 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Paling Populer”
  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.