10 Oleh Oleh Khas Bandung Yang Paling Populer

Bandung memang memiliki sejumlah tempat wisata yang terbilang cukup komplit mulai dari wisata alam, wisata air, wisata permainan, wisata belanja, wisata kuliner sampai oleh-oleh khas bandung yang tak luput dari incaran para wisatawan. Berbagai oleh-oleh khas Bandung ini menjadi hal wajib yang selalu diburu para pengunjung untuk dibawa ke kota asalnya. Nah, berikut ini merupakan 10 oleh-oleh khas bandung yang paling terkenal cekidot :

1.Penyeum

peuyeum bandung

Penyeum merupakan makanan hasil permentasi ketela atau singkok yang diberi ragi, kemudian didiamkan semlama beberapa hari dalam wadh tertutup sampai tercium aroma khasnya. Tidak begitu sulit untuk menemukan oleh-oleh yang satu ini di Bandung, salah satunya dapat dengan mudah anda jumpai di kawasa menuju Jalan Cihampelas. Penyeum tersbeut di jual dengan cara digantung di depan kios, sehingga kita dapat dengan mudah mengenali dan menemukaannya.

2.Oncom Raos

Oncom Bandung

Ini dia oleh oleh khas Bandung yang selalu menjadi buruan para wisatawan. Oncom sendiri merupakan produksi olahan kacang yang difermentasikan sampai berjamur selama beberapa hari, sebelum diolah menjadi berbagai kudapan siap makan salah satunya adalah goreng oncom.
Oncom raos ini adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam olahan dari oncom. Tempat ini sudah berdiri hampir 40 tahun dan tak hanya menyediakan oncom namuan juga berbagai oleh-oleh lainnya seperti aneka macam keripik, sale pisang, asinan dan berbagai macam manisan. Tidak sulit untuk menemukan tempat oleh-oleh karena berada diJalan Cihampelas 91 B yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan cihampelas walk.

3.Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari

Jangan ngaku pernah ke Bandung jika belum mencicipi pisang bollen kartika sari yang berada di jalan H. Akabar no 4, Kebom Kawung. Pisang bollen kartika sari ini merupakan pelopor pisang bollen di bandung yang sudah ada sejak tahuan 1970 dan menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung kesini. Pisang bollen dikemas dalam beberapa varian rasa seperti keju, cokelat sampai durian. Selain pisang bolleng ditempat ini juga menyediakan berbagai pastel, kroket, bagelen, risoles sampai brownies kukus rainbow.

4.Gepuk Nyonya Ong

Gepuk ny Ong

Gepuk Nyonya Ong merupakan salah satu oleh-oleh khas bandung yang tak boleh terlewatkan. Berada di jalan Dr. Djunjunan yang tak pernah sepi dari pengujung setiap harinya. Gepuk sendiri merupakan makanan olahan dari daging sapi yang geprek serta di tipiskan kemudian dimasak dengan mengguanakan berbagai macam bumbu dan rempah. Tak hanya gepuk yang tersedia disini namun juga berbagai olahan dari daging ayam. Gepuk disini dapat anda pesan sesuai keiinginan seperti beef origina, beef less sugar, beef extra pedas, beef salty, chicken original dan chiken spicy. Jangan lupa untuk mencicipi gepuk ini berasama sepiring nasi panas dengan taburan bawang merah goreng, hhhmmmm dijamin lidah perut anda akan termanjakan.

5.Aneka Kerajinan Tangan Lembang

aneka kerajinan lembang

Tak hanya olahan kuliner saja yang dapat di jadikan sebagai oleh-oleh namun juga oleh-oleh awet seperti aneka kerajinan tangan diantaranya tas, keramik serta berbagai kerajinan dari bambu. Untuk menemukan aneka kerajiana tersebut cukup berkunjung ke jalan Raya Lembang disana anda akan menemukan berbagai kerajian tangan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang unik dan menarik.surabi

6.Surabi

 

Surabi merupakan jajanan khas bandung yang popoler, surabi sendiri terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan dan garam kemudian di masak dalam tungku tanah liat. Salah satu tempat yang menyajikan berbagai varian rasa surabi adalah surabi Enhaii ini berlokasi di Jalan Setibudi. Surabi disini telah memiliki berbagai varian rasa yang dapat anda pilih sesuai selera seperti mulai surabi keju, cokelat, oncom, original, ayam telur keju, durian keju dan kismis.

7.Pakaian ala Factory Outlet Bandung

Pakaian ala Factory Outlet Bandung

Bandung menjadi salah satu tempat tujuan wisata belanja terutama bagi warga sekitar dan luar kota. Tak lengkap rasanya jika menjajakan kaki di Bandung tanpa berbelanja dengan mengunjungi berbagai factory outlet. Terdapat beberapa kawasan factory outlet yang menjadi favorite wisatawan seperti Jalan Dago, jalan cihampelas dan jalan riua. Jangan lupa untuk menyiapkan dana lebih, karena anda dapat terbuaan dengan berbagai model fashion hasil karya warga bandung.

8.Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll Prima Rasa

Picnic roll ini merupakan olahan makanan yang terbuat dari daging cincang berbumbu, kemudian dimasukan pada kulit pastry bersama telur rebus. Terakhir panggang dan biarkan sampai matang berwarna cokelat, sola rasa tak perlu di ragukan. Terdapat dua varian rasa picnic roll yaitu picnic roll daging sapi dna daging ayam. Selain picnin roll di prima rasa juga menyajikan kudapan lain yaitu brownien, mousse cake dan pudding mouse. Pastry dan kue disini hanya di produksi dalam satu tempat saja yang berpusat di Jalan Kemuning, kemudian di sebarkan ke selurih toko cabang lainnya salah satunya berada di Jalan Pasirkaliki – Bandung.

9.Tas & Sepatu Khas Cibaduyut

Tas & Sepatu Khas Cibaduyut

Memang menjadi kebanggan tersediri ketika dapat membeli produksi asli dalam negeri salah satu tas dan sepatu khas cibaduyut. Soal kwalitas memang tidak kalah dengan produksi luar negeri, saat mengunjungi kawasan cibaduyut maka anda akan menemukan deretan toko yang menjual berbagai hasil anak negeri. Tak hanya tas dan sepatu yang menjadi andalan tapi juga produksi lain seperti ikat pinggang, dompet, sandal dan berbagai macam aksesoris.
10.Angklung

angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas sunda, terbuat dari bambu yang kini telah diakui dunia. Alat musik angklung ini dapat menghasilkan melodi yang berbeda saat di mainkan. Jika anda ingin mengenal dan belajar secara langsung mengenai alat musik tradisional ini, maka anda dapat mendatangi langsung tempat yang masih mempertahankan serta mengembangkan kesenia yaitu Saung Angklung Mang Ujdo. Saung Angklung Mang Ujdo ini berada di jalan padasuka yang dapat di tempuh dengan kemudahan akses. Setelah puas berkeliling dan melihat lokasi ini, wisatawan dapat membeli oleh-oleh khas disini seperti miniatur angklung dalam bentuk gantungan kunci, hiasan meja, dinding sampai kaos.

Tak puas rasanya jika hanya menjajakan kaki di Bandung 2 atau 3 hari, karena disini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan dan wisata. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas bandung yang paling terkenal tersebut sebagai buah tangan untuk diberikan kepada orang lain atau untuk di nikmati sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *